Kamis 18 Feb 2016 00:43 WIB

Penguin Antartika Terancam Punah karena Bongkahan Es Raksasa

Penguin Adelie
Foto:

"Biasanya penguin ini hanya perlu pergi ke tepi Cape Denison dan bisa langsung menceburkan diri ke dalam air, beberapa ratus meter saja," kata Profesor Turney.

Tapi sekarang penguin harus berjalan lebih dari 60 kilometer untuk menuju dan mendapatkan perairan terbuka, berarti ada juga yang tidak mampu bertahan atau mempertahankan anak-anaknya.
 
"Ketika kami berkeliling di kawasan ini, kami melihat ada banyak telur yang rusak, banyak anak penguin yang mati, jadi telur penguin itu sempat menetas tapi tidak tersedia cukup banyak makanan," kata Profesor Turney.
 
"Setiap tahun berlalu, semakin sedikit burung penguin yang mampu bertahan dan jumlahnya terus berkurang dan sulit sekali untuk kembali seperti sedia kala. Satu hal yang dapat dipastikan jika kondisi seperti ini terus berlangsung adalah dalam 10-20 tahun lagi koloni penguin di Cape Denison akan punah," katanya.

 
Professor Turney mengatakan meskipun bongkahan es raksasa diketahui memang bergerak secara alami, namun tampaknya di masa yang akan datang akan semakin sering kita lihat pergerakan bongkahan es raksasa seperti ini.
 

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-02-17/koloni-penguin-di-antartika-terancam-punah-karena-bongkahan-es-raksasa/1549108
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement