Kamis 18 Feb 2016 00:43 WIB

Penguin Antartika Terancam Punah karena Bongkahan Es Raksasa

Penguin Adelie
Foto:

Hal ini disebabkan perairan yang semakin menghangat membuat bongkahan es di Antartika semakin mudah terbelah. Tidak seperti di Arktik, yang seluruhnya berupa lautan es, Antartika adalah kontinen atau benua yang terdiri dari hamparan lembaran es yang dikelilingi oleh lautan es," kata Profesor Turney.

 

"Sebagian dari lapisan es itu meleleh tapi kebanyakan dari massa es di Antartika hilang karena membelahnya bongkahan es raksasa seperti B09B yang kemudian tersert arus menuju lautan," kata Professor Turney lagi.

 

"Di bawah suhu planet bumi yang terus menghangat kita perlu mengantisipasi ada lebih banyak bongkahan es raksaasa di Samudera Selatan dan peristiwa seperti ini akan semakin umum dijumpai. Dari cara pandang ilmiah, perubahan yang ekstrim ini sangat memukau, ini merupakan percobaan alami untuk berusaha memahami akan seperti apa masa depan di planet bumi," katanya.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/2016-02-17/koloni-penguin-di-antartika-terancam-punah-karena-bongkahan-es-raksasa/1549108
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement