Senin 28 Mar 2016 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Kecelakaan Nuklir Paling Serius dalam Sejarah AS

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
Kecelakaan nuklir paling serius dalam sejarah Amerika Serikat terjadi di fasilitas nuklir Three Mile Island dekat Harrisburg, Pennsylvania, pada 28 Maret 1979
Foto:
Presiden ke 34 AS, Dwight D Eisenhower.

Dwight D Eisenhower, presiden ke-34 Amerika Serikat meninggal di Washington DC.  Salah satu jenderal Amerika yang paling dihormati saat Perang Dunia II itu wafat di usia 78 tahun pada 28 Maret 1969.

Lahir di Denison, Texas pada 1890, Eisenhower lulus dari Akademi Militer AS pada 1915, dan setelah Perang Dunia I karirnya di Angkatan Darat AS terus menanjak. Dilansir History.com, setelah AS masuk ke dalam Perang Dunia II, ia diangkat menjadi panglima dari operasi Eropa dan mengawasi pasukan AS di Britania Raya.

Sebagai panglima tertinggi pasukan gabungan Eisenhower merancang sebuah sistem komando terpadu dan cepat memenangkan rasa hormat dari bawahan Inggris dan Kanadanya. Di Afrika Utara, ia berhasil mengarahkan invasi Tunisia, Sisilia, dan Italia, dan pada Januari 1944 diangkat menjadi komandan Sekutu tertinggi Operasi Overlord.

Pada 1961, ia pensiun. Bersama istrinya Mamie Eisenhower Doud, mereka tinggal di pertanian di Gettysburg, Pennsylvania. Dia meninggal pada 1969 dan dimakamkan di sebidang tanah keluarga di Abilene, Kansas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement