Senin 27 Jun 2016 10:30 WIB

Kue Bola Keju Ricotta Goreng dengan Sirup Jeruk

Red:
abc news
Foto: abc news
abc news

Camilan dengan bahan baku keju, biasanya, menggunakan keju jenis mozarella atau cheddar yang dikenal mudah lumer. Akhir pekan ini, kami bagikan resep suguhan ringan penuh keju yang terbuat dari keju segar asal Italia, ricotta!

Ricotta adalah keju segar asli Italia yang terbuat dari susu domba, sapi atau kambing. Keju ini biasanya diolah untuk membuat makaron yang digunakan dalam cheese cake dan kanoli.

Pekan ini kami hadirkan resep olah ricotta dengan cara digoreng, yang tentunya tak kalah menggoda selera. Camilan ini pun tak sulit untuk dibuat.

Bahan-bahan

Adonan:

• 2 cangkir ricotta (keju segar asal Italia)

• 4 butir telur

• 2 sdm gula

• 1 buah kulit jeruk, limau dan lemon

• 1 cangkir tepung terigu

• 60gr mentega lembut

Sirup jeruk:

• Kulit dan perasan 2 lemon, 2 jeruk dan 2 limau

• 2 cangkir gula

Cara memasak

1. Campur semua bahan (kecuali tepung terigu) bersama-sama dalam mangkuk.

2. Ketika sudah halus, tambahkan tepung.

3. Untuk mencetak bola, gunakan sendok makan kecil. Begitu diambil dari mangkuk langsung masukkan ke dalam minyak panas (180 derajat Celcius). Bola-bola ini perlu digoreng penuh dan ditenggelamkan dalam minyak agar mereka bisa mengembang dan berubah warna menjadi cokelat keemasan.

4. Angkat dari minyak dan tempatkan di atas kertas penyerap selama 30 detik sebelum disajikan dengan sirup jeruk dan ditabur gula halus.

5. Untuk pembuatan sirup: menggabungkan semua bahan dalam panci sedang dan didihkan, hingga adonannya berkurang sekitar setengah dan bertekstur lebih tebal dan manis, biarkan hingga dingin dan sajikan dingin.

Akhir pekan bisa dihabiskan di rumah dengan mempraktekkan resep mudah ini sebagai camilan selepas sarapan atau teman minum teh di sore hari.

Selamat mencoba di dapur anda!

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement