Rabu 29 Jun 2016 23:30 WIB

Ini Caranya Agar Selalu Sehat Jasmani dan Rohani

Red:
abc news
Foto: abc news
abc news

Dr Joanna McMillan adalah ahli gizi, ahli nutrisi dan direktur perusahaan yang ia bangun sendiri, yang berusaha untuk menjelaskan penelitian ilmiah tentang pola makan dan gaya hidup yang sehat untuk masyarakat luas. Dibesarkan di Skotlandia, Joanna sekarang menjadi ‘warga kehormatan’ Australia dan duta ‘Australia Day’.

Saat masih kanak-kanak, apa yang ingin anda lakukan?

"Saya selalu mencintai kesehatan dan ilmu pengetahuan, jadi saya ingin belajar kedokteran dari usia dini. Saya mendapat nilai bagus tetapi pada usia 17 tahun, saya memutuskan bahwa itu terlalu konvensional. Saya malahan belajar psikologi, sosiologi dan bahasa Perancis. Untuk waktu yang lama , saya pikir saya telah membuat kesalahan besar. Tapi akhirnya, saya menemukan jalan kembali ke sains, sementara memraktekkan cinta saya pada makanan dan aktivitas memasak. Saya tak menyesal sekarang  -saya mencintai apa yang saya lakukan dan saya leboh bergairah untuk bekerja di bidang pencegahan daripada pengobatan, yang merupakan obat gaya hidup. "

Joanna McMillan Joanna McMillan.

Supplied

Anda menggambarkan diri anda sebagai ‘warga Australia kehormatan’. Di mana anda tumbuh besar? Apa memori anda ketika pertama datang ke Australia? Mengapa anda memutuskan untuk menyebut Australia sebagai kampung halaman?

"Saya dibesarkan di pedesaan Skotlandia, di selatan Glasgow. Masa kecil saya pastinya memberi kontribusi terhadap cinta saya pada makanan. Ibu saya adalah seorang juru masak yang hebat dan makan malam keluarga di meja makan benar-benar apa yang kami lakukan. Waktu itu tak ada restoran cepat saji, selain kedai ‘fish n chip’ lokal, sehingga membuat makanan di rumah dari bahan-bahan segar hanyalah satu-satunya opsi - untungnya.

Saya selalu memiliki hubungan dengan Australia karena adik bungsu ibu saya menikah dengan warga Australia dan membesarkan keluarganya di Perth. Selama tahun kosong saya, saya tinggal dengan sepupu Australia saya dan jalan-jalan keliling benua ini selama beberapa bulan. Saya jatuh cinta dengan Sydney dan bermimpi hidup di sana, yang menjadi kenyataan pada tahun 1999.

Tahun pertama itu cukup sulit. Saya sudah keluar dari pekerjaan saya di London dan melepas perusahaan mobil saya, hanya untuk menemukan bahwa saya harus menunggu 6 bulan untuk ujian  ahli diet di luar negeri dan tak bisa bekerja sampai saya melewatinya. Saya menjadi pramusaji dan mengajar kelas kebugaran untuk membayar sewa saya, bertanya-tanya apa yang telah saya lakukan! Untungnya matahari terus bersinar dan saya adalah orang yang bersemangat.

Saya mencintai gaya hidup luar ruangan dan mulai bertemu dengan beberapa orang hebat, banyak dari mereka masih menjadi teman baik hingga hari ini.

Titik balik saya adalah ketika saya mengguncang departemen nutrisi manusia di Universitas Sydney. Profesor Ian Caterson, kepala departemen pada saat itu, masuk ke kantor sekretarisnya saat saya berada di sana, bertanya siapa saya dan mengundang saya ke kantornya untuk membahas apa yang ingin saya lakukan. Singkatnya, pertemuan itu membuahkan beasiswa untuk menyelesaikan PhD saya dan perkenalan ke Profesor Jennie Brand-Miller yang telah menjadi mentor dan teman saya sejak saat itu.

Kini, tanpa keraguan, Sydney adalah rumah saya dan saya senang di sini. Skotlandia selamanya ada di hati saya tapi begitu banyak hal tentang Sydney dan Australia yang sesuai dengan saya. Saya akan selalu bepergian dan senang untuk mengunjungi negara-negara lain, tapi pulang kampung ke Sydney itu kebahagiaan. "

Saya menahan diri dari menggunakan kata sibuk dan malahan mengganti kata sibuk dengan bersyukur bahwa saya punya banyak pekerjaan.

Apa yang anda lakukan untuk menjaga gaya hidup yang sehat?

"Makan dengan baik jelas merupakan kunci bagi saya, tapi jujur, saya tak merasa itu sulit karena itu sudah jadi kebiasaan. Penelitian menunjukkan, ketika gaya hidup sehat menjadi kebiasaan, Anda menjadi terbiasa -bahkan selama masa stress. Tapi makan sehat tak berarti membosankan atau membatasi. Saya tak menghindari seluruh jenis makanan, [dan] saya makan banyak lemak. Saya memilih karbohidrat pintar, termasuk biji-bijian dan kacang-kacangan, [dan] saya selalu makan banyak sayuran hijau dan sayuran lainnya. Saya suka seafood. Steak fillet adalah makanan favorit saya dan saya mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian setiap hari. Pada dasarnya itu semua makanan riil yang lezat rasanya.

Saya berjalan sebanyak mungkin, termasuk berjalan 10km dengan anjing saya setiap hari. Kemudian saya mencoba untuk ikut setidaknya 2 kelas gym atau latihan yoga. Sesi olahraga saya bisa naik dan turun tergantung pada betapa sibuk kondisi saya saat itu, tapi berjalan konsisten.

Saya memberikan prioritas untuk tidur dan memastikan saya mendapat lebih banyak istirahat jika saya merasa tak bugar. Saya mengelola stres dengan menemukan momen sukacita dalam hari saya, menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga, menempatkan hal-hal dalam perspektif dan melampiaskannya lewat olahraga."

Kini, tanpa keraguan, Sydney adalah rumah saya dan saya senang di sini. Skotlandia selamanya ada di hati saya tapi begitu banyak hal tentang Sydney dan Australia yang sesuai dengan saya. Saya akan selalu bepergian dan senang untuk mengunjungi negara-negara lain, tapi pulang kampung ke Sydney itu kebahagiaan.

Ada beragam vitamin dan suplemen di pasaran. Apa saran anda dalam memilih produk yang paling sesuai?

"Pertama-tama, pilih produk dari sebuah perusahaan yang memiliki peraturan yang ketat dan kontrol kualitas yang tinggi. Kemudian cari nasihat profesional tentang suplemen apa yang menguntungkan Anda.

Terlalu mudah untuk terjebak oleh klaim yang tertulis pada kemasan dan berakhir dengan membeli seluruh vitamin yang Anda tak perlukan, dan bahkan mungkin lebih berbahaya daripada membawa kebaikan. Ada produk yang baik di luar sana, tapi pelajari dulu. Pada akhirnya, suplemen hanyalah pelengkap."

Bagaimana anda mengelola stress? Apa tips anda untuk kesehatan mental?

"Saya pikir, banyak dari itu bergantung pada bagaimana Anda membingkai masalah. Saya menahan diri saya dari menggunakan kata sibuk dan malahan mengganti kata sibuk dengan bersyukur bahwa saya punya banyak pekerjaan. Saya tak selalu benar, tapi saya lebih bisa mengatakan tidak untuk beberapa hal dan meminta penambahan tenggat waktu ketika saya membutuhkannya.

Saya juga berpikir, hal yang penting untuk menemukan momen tenang serta momen menyenangkan dalam hari anda. Saya sudah berhenti merasa bersalah jika saya menonton anak-anak saya bermain sepak bola ketimbang ada di meja kerja saya, atau mengambil istirahat untuk jalan-jalan sebentar atau mempersiapkan makan malam keluarga. Pepatah tentang keseimbangan hidup dan kerja mungkin terdengar klise tapi itu penting untuk kesehatan mental. "

Joanna McMillan Joanna McMillan.

Supplied

Bayangkan anda punya kesempatan untuk mengadakan pesta barbeque –di manapun di Australia. Jika anda bisa mengundang 3 tamu Australia (baik hidup atau mati) –siapakah mereka? Apa menunya? Dan di mana lokasinya?

"Saya berasumsi suami dan sahabat-sahabat saya sudah termasuk di awal, sehingga tiga tamu ekstra saya adalah:

Profesor Tim Flannery, ilmuwan, sehingga saya [bisa] membaca otaknya tentang bagaimana isu perubahan iklim seharusnya mempengaruhi pilihan makanan yang kita konsumsi hari ini. Saya sangat prihatin bahwa banyak pendekatan diet populer saat ini sedikit mengindahkan bagaimana kita akan memberi makan populasi yang bertumbuh dan bagaimana pilihan makanan kita mempengaruhi perubahan iklim.

Dr Charlie Teo, ahli bedah saraf. Saya sangat hormat dan kagum padanya. Saya pertama kali membaca tentangnya dalam buku ‘Life in Hisa Hands’ yang bercerita hubungannya dengan seorang pianis muda dengan tumor otak dan kemudian mendengar ia berbicara di TEDx Sydney. Ia tak takut mengambil resiko dan mengubah sistem yang bisa mengintimidasi dan konvensional.

Profesor Jennie Brand-Miller, ilmuwan gizi, untuk menyelesaikan karya ilmiah saya! Jennie adalah penyelia PhD saya dan merupakan mentor yang menginspirasi dan mendukung saya dalam karir saya sejak awal di sini. Saya sangat mengaguminya karena ia telah berdiri untuk dirinya sendiri di dunia sains yang penuh pria ketika semua orang mengatakan teori dan penelitiannya tidak berdasar, sementara hidup dengan gangguan pendengaran. Dua puluh tahun kemudian, karyanya diakui secara internasional dan menjadi area penting bagi ilmu gizi.

Soal menu, saya akan menyediakan seafood lokal yang menakjubkan, salad berwarna-warni dengan saus minyak zaitun extra virgin Australia ditemani dengan minuman anggur putih. Sebagai makanan penutup, keju, buah ara (fig) dan kerupuk akan disajikan dengan minuman anggur merah. Semua dari Australia tentu saja!

Tempat pestanya di sebuah perahu di Sydney Harbour -itu cukup sulit untuk dikalahkan."

Joanna McMillan Bersama Anjingnya Joanna McMillan bersama anjingnya.

Supplied: Joanna McMillan

Apa saran anda kepada diri anda yang berusia 15 tahun?

"Untuk belajar lebih banyak tentang bisnis selama masa kuliah saya, sehingga saya tak harus belajar sendiri di kemudian hari ketika saya menjalankan bisnis saya! Untuk bekerja keras dan menjadi mandiri secara financial. Untuk percaya diri terhadap diri saya sendiri dan tak pernah meragukan kemampuan saya untuk menjadi yang terbaik dan mengejar yang terbaik dalam berbagai bidang kehidupan. Untuk memastikan bahwa saya menjaga pertemanan dan keluarga mengingat mereka adalah orang yang aka nada di samping saya dalam suka dan duka.”

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

Diterbitkan dan diperbarui: 22:15 WIB 28/06/2016 oleh Nurina Savitri.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement