Rabu 20 Jul 2016 05:47 WIB

Sejarah Hari Ini: Raja Yordania Dibunuh di Tangga Masjid Al-Aqsa

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Raja Abdullah I dari Yordania tewas dibunuh di tangga Masjid Al Aqsa.
Foto:
Bruce Lee, salah satu orang terkenal yang meninggal muda. Aktor asal Cina kelahiran Amerika Serikat itu meninggal di usia 32 tahun.

Pada hari ini 1973, aktor dan pakar ilmu bela diri, Bruce Lee tewas di Los Angeles di usia 32 tahun. Ia mengalami pendarahan otak yang disebabkan reaksi obat antinyeri. Selama karirnya yang singkat, ia jadi bintang film di Asia dan Amerika.

Pria bernama asli Jun Fan Lee ini lahir pada 27 November 1940 di San Francisco, Kalifornia. Saat itu ayahnya adalah seorang bintang opera Cina yang sedang tur di AS. Keluarga Lee pulang ke Hong Kong 1941.

Lee cilik sudah mengasah bakat aktingnya ketika muncul di sekitar 20 film Cina. Ia juga belajar menari dan gaya wing chun gung fu atau kungfu. Pada 1959, Lee kembali ke Amerika dan masuk University of Washington. Ia juga membuka sekolah ilmu bela diri di Seattle.

Pada 1964 Lee menikah dengan Linda Emery. Pada 1965, putranya Brandon Lee lahir. Lee tampil di sejumlah film Hollywood dan ketika pulang ke Hong Kong pada 1970-an, ia berhasil jadi bintang Asia. Ia menjadi pemeran utama di film aksi Big Boss, The Way of the Dragon.

Lee meningkat karena edema otak. Penyebabnya diduga adalah reaksi karena obat penghilang rasa sakit. Jasad Lee dimakamkan di Seattle. Karena meninggal di usia 32 tahun dan saat puncak karir, banyak rumor yang beredar mulai dari ia meninggal karena dibunuh gengster Cina hingga kena kutukan.

Teori kutukan ini menjadi semakin kuat ketika putra Bruce Lee mengikuti jejak ayahnya jadi aktor. Ia juga meninggal di usia muda saat tertembak dengan tidak sengaja di lokasi syuting pada 1991. Ia dimakamkan di samping ayahnya di Lake View Cemetery, Seattle.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement