Kamis 08 Dec 2016 09:50 WIB

Sejarah Hari Ini: Penyanyi Legendaris John Lennon Tewas Ditembak

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
John Lenon mengomposisi beberapa lagu di The Beatles, beberapa adalah hasil kolaborasi dengan Paul McCartney. Salah satu yang paling dikenal di antero dunia Musik adalah -Help-
John Lenon mengomposisi beberapa lagu di The Beatles, beberapa adalah hasil kolaborasi dengan Paul McCartney. Salah satu yang paling dikenal di antero dunia Musik adalah -Help-

REPUBLIKA.CO.ID,  Mantan vokalis The Beatles, John Lennon ditembak dan tewas pada 8 Desember 1980. Ia berada di apartemen miliknya di Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS) saat peristiwa itu berlangsung.

Pelaku penembakan diketahui adalah seorang fans fanatik pria kelahiran 9 Oktober 1940 itu, bernama Mark David Chapman. Ia memasuki gedung apartemen dan menembak Lennon dari jarak dekat hingga diperkirakan sebanyak empat kali. 

Saat itu, vokalis yang membuat The Beatles terkenal sejak era 1963 itu mengalami pendarahan. Ia sempat dibawa ke rumah sakit, namun meninggal di tengah perjalanan.

The Beatles menjadi salad satu band legendaris yang mendunia dari abad ke-20. Selain Lennon, tiga anggota lainnya yang juga menunjang kesuksesan band tersebut adalah Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr.

Jutaan rekaman lagu berhasil dijual oleh The Beatles ke seluruh dunia. Sejumlah tur ke berbagai negara juga dilakukan band asal Inggris tersebut hingga 1967.

Lennon kemudian keluar dari band yang membesarkan namanya itu pada 1975. Pria kelahiran Liverpool, Inggris ini mengatakan ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarganya, yang terdiri dari sang istri Yoko Ono serta putra mereka bernama Sean.

Meski demikian, ia sempat kembali bernyanyi dan membuat sebuah album dengan judul Double Fantasy. Semua lagu dalam album itu ditujukan sebagai ungkapan rasa cinta Lennon terhadap Ono.

Lennon dimakamkan di Strawberry Field, yang merupakan bagian dari Central park dan berada di Dakota, AS. Ono secara khusus ingin mengenang sang suami dengan memberi tempat peristirahatan terakhir yang indah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement