Kamis 16 Feb 2017 09:34 WIB

Sejarah Hari Ini: Venezuela Nyatakan Perang dengan Nazi

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
U-Boat kapal selam milik Nazi Jerman
Prajurit Hizbullah.

Pada 16 Februari 1985 organisasi Hizbullah didirikan. Hizbullah artinya Partai Tuhan. Ideologi Hizbullah merupakan organisasi berideologi Syiah. Organisasi tersebut mampu berdiri dengan banyak bantuan dari pengikut Ayatollah Khomeini pada awal tahun  1980an.

Organisasi Hizbullah memiliki peran  besar dalam politik Lebanon. Mereka sering memberikan pelayanan sosial, mendirikan sekolah-sekolah, rumah sakit, membuka daerah pertanian bagi warga Lebanon. Selain itu juga memberikan berbagai layanan lainnya bagi warga Syiah di Lebanon.

Hizbullah merupakan organisasi yang kuat secara militer. Mereka memiliki kemampuan militer yang unggul dan sering mendapatkan dukungan dari Iran meskipun Pemerintah Lebanon sering menolaknya karena mendapat tekanan dari Amerika.

Sasaran perlawanan utama militer Hizbullah adalah Zionis Israel. Hizbullah akan terus bertempur melawan Zionis Israel selama Palestina belum merdeka dari jajahan Israel. Hizbullah juga akan terus melindungi Lebanon dari agresi militer Israel, tak bisa dipungkiri Hizbullah berjasa dalam mengusir Israel dari tanah Lebanon.

Seperti dilansir BBC, dengan adanya perang Suriah, ribuan militan Hizbullah pergi ke Suriah untuk bertempur melawan kelompok oposisi bersenjata Suriah. Hizbullah yang beraliran Syiah membantu  Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam perang sipil di Suriah. Hingga saat ini militan Hizbullah masih banyak di Suriah.n dyah ratna meta novia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement