Selasa 21 Mar 2017 06:45 WIB

Mengapa Kita Tak Bisa Hidup Tanpa Magnesium

Rep: Tara Ali/ Red:
abc news
Foto: abc news
abc news

Digunakan dalam setiap sel darti mahluk hidup, zat magnesium merupakan mineral yang perlu kita ketahui.

Magnesium terlibat dalam ratusan reaksi biokimia dalam tubuh. Kita tidak bisa hidup tanpa itu. Setiap kali Anda bergerak, setiap kali jantung Anda berdetak, setiap kali sebuah sel baru dibuat dalam tubuh Anda, magnesium pasti digunakan.

Zat ini juga memainkan peran dalam menyeimbangkan kadar elektrolit, struktur tulang, menciptakan energi bahan bakar untuk tubuh, menciptakan enzim penting dan melindungi DNA kita dari mutasi.

Menariknya, sebuah studi yang dirilis Pemerintah Australia baru-baru ini menemukan bahwa lebih dari sepertiga warga Australia mungkin tidak mendapatkan cukup zat magnesium dari diet mereka.

Apa yang terjadi jika saya tidak mendapatkan cukup magnesium?

Kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk:

● Kram otot dan kejang

● Tingginya tingkat stres dan kecemasan yang dirasakan

● Kelelahan

● Gangguan fungsi kognitif

Bagaimana memastikan saya mendapatkan cukup magnesium?

Makan diet seimbang adalah selalu cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup magnesium.

Zat ini ditemukan dalam jumlah besar pada makanan seperti bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan seperti roti dan nasi juga relatif tinggi kandungan magnesiumnya, namun makanan olahan termasuk roti putih dan nasi putih memiliki kandungan magnesium dengan tingkat signifikansi lebih rendah. Daging dan ikan juga merupakan sumber magnesium yang banyak.

Mempertahankan diet seimbang dan memastikan tubuh Anda mendapatkan tingkat nutrisi yang tepat bisa sulit setiap kali. Di sinilah suplemen dapat menjadi cara yang efektif untuk memastikan Anda memenuhi kebutuhan magnesium. Tidak semua bentuk magnesium mudah diserap seperti yang lain. Magnesium sitrat dan magnesium kelat asam amino telah terbukti lebih mudah diserap oleh tubuh daripada kebanyakan bentuk lainnya.

Penyerapan magnesium oleh tubuh Anda juga dipengaruhi banyak faktor. Mereka yang menderita masalah pencernaan mungkin merasa lebih sulit untuk menyerap magnesium. Penyerapan juga dapat dihambat oleh:

● Asupan kalsium tinggi

● Diet serat tinggi

● Asupan alkohol tinggi

● Obat tertentu

Sementara asupan magnesium adalah satu hal, ekskresi adalah hal lain. Seperti banyak nutrisi, tubuh Anda harus membuang magnesium terus-menerus. Ginjal Anda adalah pengendali utama tingkat magnesium dalam tubuh, buang magnesium melalui urin Anda. Magnesium juga hilang melalui keringat dan melalui sistem pencernaan Anda.

Selama masa stres, tingkat magnesium cenderung lebih rendah juga, sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa asupan makanan Anda cukup selama waktu tersebut.

Artikel ini diproduksi oleh Swisse.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement