Selasa 21 Mar 2017 06:45 WIB

Merayakan Kemajemukan di Australia Lewat 'Harmony Day'

Rep: Australia Plus/ Red:
abc news
Foto: abc news
abc news

Tanggal 21 Maret diperingati sebagai Hari Harmoni atau 'Harmony Day' di Australia. Ini merupakan hari dimana semua orang memiliki kesempatan untuk merangkul keragaman kebudayaan yang ada di Australia.

Sekarang ini pada perayaan tahun ke-18, warga akan berkumpul di Event Hari Harmoni atau Harmony Day di seluruh Australia untuk menikmati makanan, musik dan kehadiran orang-orang dari negara lain di seluruh dunia.

Merangkul multikuturalisme, meningkatkan rasa hormat dan mendukung keragaman kebudayaan, agama maupun bahasa.

Sejak tahun 1945 lebih dari 7,5 juta orang telah bermigrasi ke Australia, dan berbicara dalam beragam luas bahasa di luar Bahasa Inggris, termasuk Mandarin, Kanton, Vietnam, Spanyol dan Hindi.

Menurut penyelenggara event Harmony Day, keragaman kebudayaan Australia merupakan salah satu kekuatan terbesar dan menjadi jantung dari jati diri warga Australia. Australia yang multikultur merupakan bagian intergral dari sejarah dan karakter negara Australia.

Infografis Hari Harmoni
Hampir setengah warga Australia kalau tidak lahir di luar negeri atau mereka memiliki orang tua yang dahulunya lahir di luar negeri.

Supplied: Harmony Day

Organisasi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) juga telah memproklamirkan tanggal 21 Maret sebagai Hari Penghapusan Diskriminasi Rasial Internasional.

Tahun ini PBB menyoroti perhatian terhadap pengelompokan atau pengidentifikasian rasial dan hasutan terhadap kebencian, termasuk dalam konteks migrasi.

"Setiap orang berhal atas Hak Asasi Manusia (HAM) tanpa diskriminasi. Hak atas kesetaraan dan tidak diperlakukan diskriminatif merupakan landasan hukum hak asasi manusia. Namun di banyak bagian dunia, praktek diskriminasi masih luas, termasuk ras, etnis, agama dan pengidentifikasian berdasarkan kebangsaan, serta hasutan untuk kebencian."

- United Nations

Di Australia, hari-hari seperti 'Harmony Day' bertujuan untuk merangkul warga Australia untuk merayakan inklusivitas, rasa hormat dan rasa memiliki untuk semua.

Dimana anda akan merayakan Hari Harmoni?

Ada ratusan event yang diselenggarakan di seluruh Australia dalam rangka merayakan Hari Harmoni tahun 2017. Berikut beberapa dari acara yang digelar:

Sydney

Multilingual poetry slam

21 Maret, 7.30pm - 10pm, Customs House, Sydney Central Business District.

Newcastle

Newcastle Harmony Picnic

24 Maret, 11:30am to 2:00pm, Civic Park, Newcastle.

Melbourne

Community Street Party - Bridge to Harmony

24 Maret, 4pm - 8pm Condell Reserve Cnr Condell and Napier Streets, Fitzroy.

Brisbane

Harmony Day Festival

25 Maret, 9am - 3pm, Inala Civic Centre, Kittyhawk Ave, Inala.

Gold Coast

Pop Up Harmony GC

21 Maret, 9am - 1pm, Southport Library, Lawson St, Southport.

Adelaide

Light Up For Harmony Day

19 - 24 Maret, 8pm - 6am every night, Michael Hebert Bridge, Patawalonga, Glenelg North and Jetty Rd, Glenelg.

Perth

Altone Comes Alive

8 April, 11am to 4pm, Altone Oval, Beechboro.

Hobart

Welcome For International Migrant and Humanitarian Entrant Students

21 Maret, 12.30pm, Elizabeth Mall, Hobart.

Lebih dari 7,5 juta orang telah bermigrasi ke Australia sejak tahun 1945.
Lebih dari 7,5 juta orang telah bermigrasi ke Australia sejak tahun 1945.

Supplied: Harmony Day

Kisah-kisah menarik lainnya dapat anda ikuti dengan bergabung bersama Australia Plus community di Facebook, atau follow kami di Twitter dan Instagram.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement