Jumat 12 May 2017 05:30 WIB

Sejarah Hari Ini: Kebakaran Hutan Dahsyat Landa Cina, 193 Orang Tewas

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Ani Nursalikah
Kebakaran hutan/ilustrasi
Foto:
Ilustrasi blokade Jerman.

Pada 12 Mei tahun 1949 menjadi awal berakhirnya Perang Dingin. Saat itu Uni Soviet mencabut blokade terhadap Jerman Barat yang telah berlangsung selama 11 bulan.

Pecahnya blokade tersebut juga disebabkan oleh pengiriman pasokan bahan pokok dari Amerika Serikat dan Inggris dari udara untuk dua juta warga Berlin Barat. Itu merupakan respons dari AS dan Inggris atas tindakan Soviet.

Pesawat pengangkut kedua negara itu mengirimkan 278.288 bantuan ke kota tersebut selama 14 bulan. Sehingga bantuan terkumpul sampai 2.326.406 ton. Seiring pemotongan kekuasaan Soviet ke Berlin Barat tersebut, mereka telah menyumbang dua pertiga dari seluruh kebutuhan warga.

Sementara saat kembali, pesawat pengangkut itu membawa produk industri yang akan diekspor dari Jerman Barat ke negara-negara Barat. Kegiatan paling pesat terjadi pada April 1949, di mana pesawat pengangkut itu mendarat di kota itu setiap menit.

Soviet tidak melakukan upaya besar untuk mengganggu pengangkutan udara tersebut. Sementara itu, kekuatan Barat juga membalas blokade Soviet dengan melakukan embargo perdagangan terhadap Jerman timur dan negara-negara blok Soviet lainnya.

Sebagai tanda berakhirnya blokade Soviet atas Jerman Barat, AS dan Inggris melakukan konvoi pertama yang melaju sejauh 110 mil dari Soviet ke Berlin Barat.

sumber : History
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement