Sabtu 27 May 2017 10:17 WIB

Sejarah Hari Ini: Berdirinya Kota St Petersburg

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Budi Raharjo
Museum Hermitage, St Petersburg, Rusia
Foto: .
Golden Gate

Golden Gate resmi dibuka untuk umum pada hari ini di tahun di San Fransisco. Ini merupakan pencapaian teknologi dan artistik yang menakjubkan setelah menempuh masa kontruksi selama lima tahun.

Pada saat pembukaannya menjadi Hari Pejalan Kaki. Di mana sekitar 200 ribu pejalan kaki mengagumi jembatan gantung sepanjang 4.200 kaki yang membentangkan Selat Golden Gate di pintu masuk Teluk San Fransisco dan menghubungkan San Fransisco dengan Marin County. Pada tanggal 28 Mei, Golden Gate kemudian dibuka untuk lalu lintas kendaraan.

Konsep jembatan Selat Golden Gate ini diusulkan sejak tahun 1872. Namun baru pada tahun 1920-an opini publik mendukung usaha semacam itu. Pada tahun 1921 profesor jembatan kelahiran Cincinnati Joseph Strauss mengajukan konsep awal, yakni kombinasi suspensi-kantilever yang dibangun seharga 27 juta dolar AS.

Meski tak enak dipandang dibandingkan dengan hasil akhirnya, desainnya terjangkau dan Strauss menjadi ahli jembatan yang diakui sebagai upaya menjembatani Selat Golden Gate.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement