Rabu 05 Jul 2017 17:07 WIB

Aktor Pirates of the Caribbean ke Suriah Perangi ISIS

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Indira Rezkisari
Michael Enright
Foto: Wikipedia
Michael Enright

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS -- Seorang aktor asal Inggris, yakni Michael Enright, ikut memerangi milisi ISIS di kota Raqqa, Suriah. Enright merupakan salah satu aktor yang membintangi film Pirates of the Caribbean bersama aktor kondang Johnny Depp.

Keputusan Enright untuk ikut berperang melawan ISIS di Suriah didasari atas serangkaian serangan teror di negaranya. "Saya akan mengingat (serangan bom) Manchester Arena dan dua serangan di London, yaitu di Westminster Bridge dan di Borough Market," ungkapnya seperti dilaporkan laman The Telegraph, Rabu (5/7).

Serangan bom di Manchester Arena merupakan aksi teror yang paling menngguncang Enright. "Serangan di Manchester terutama membawa banyak emosi. Saya sudah terbiasa dengan banyak kematian dan serangan teroris, tapi ini berbeda. Ini (Manchester) adalah kota asal saya," kata Enright.

Atas dasar itu Enright memutuskan untuk ikut berjuang di Suriah. "Setiap hari sekarang, ketika ada operasi di Suriah melawan ISIS, saya adalah orang pertama yang mengangkat tangan untuk menjadi sukarelawan," ujarnya.

Enright merupakan satu dari puluhan pejuang asing yang telah menempuh perjalanan ke daerah kantong Kurdi Rojava untuk terjun dalam pertempuran. Enright dan puluhan lainnya bergabung dengan Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang didominasi milisi Kurdi YPG. Sebagian dari relawan asing itu dilaporkan memiliki latar belakang militer dan sebagian lainnya direkrut melalui Facebook.

Kendati harus menghadapi maut, Enright mengaku tak gentar lagi berjuang di Suriah. "Saya tidak akan mengharapkan banyak belas kasihan dari mereka (ISIS) dan saya tidak akan memberi mereka banyak belas kasihan. Saya dapat menjanjikan ini kepada Anda," ucap Enright. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement