Jumat 21 Jul 2017 09:32 WIB

Sejarah Hari Ini: Gempa dan Tsunami Hebat Terjang Alexandria Mesir

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: Foto : MgRol_93
Harry Potter and the Deathly Hallows

Pada 21 Juli 2007, seri ketujuh dan terakhir dari novel Harry Potter, dirilis. Novel berjudul Harry Potter and the Deathly Hallows ini dicetak sebanyak 12 juta kopi dalam cetakan awal untuk Amerika Serikat (AS) saja dan siap diproduksi Hollywood.

Dilansir dari History, kisah penyihir anak-anak bernama Harry Potter tersebut adalah gagasan dari novelis asal Inggris, J.K. Rowling, yang lahir pada 31 Juli 1965. Novel pertama Rowling, Harry Potter and the Philosopher's Stone, memulai debutnya di Inggris pada 1997 dan menjadi novel best seller internasional.

Anak-anak dan orang dewasa sama-sama terpikat oleh Harry, dua temannya yaitu Ron Weasley dan Hermione Granger, dan petualangan mereka di sekolah sihir Hogwarts. Kisah perjuangan Harry melawan musuhnya, Lord Voldemort yang jahat, telah terjual lebih dari 400 juta kopi dan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 60 bahasa di dunia.

Seri Harry Potter telah mengubah Rowling, seorang ibu tunggal, menjadi penulis berpenghasilan tertinggi dalam sejarah. Film pertama dalam serial ini, Harry Potter dan the Sorcerer's Stone, dirilis di Amerika pada 16 November 2001.

Film ini disutradarai Chris Columbus (Home Alone, Mrs. Doubtfire) dan dibintangi aktor-aktor Inggris, seperti Daniel Radcliffe sebagai Harry, Rupert Grint sebagai Ron, dan Emma Watson sebagai Hermione. Columbus juga mengarahkan film kedua dalam serial tersebut, yaitu Harry Potter and The Chamber of Secrets, yang ditayangkan perdana di AS pada 14 November 2002.

Sutradara asal Meksiko, Alfonso Cuaran (Y tu mama tambien), kemudian mengambil alih film ketiga yaitu Harry Potter and The Prisoners of Azkaban yang dirilis di AS pada 4 Juni 2004. Sementara Harry Potter and the Goblet of Fire disutradarai oleh Mike Newell, orang Inggris pertama yang menjadi sutradara dalam serial tersebut. Film ini dirilis di AS pada 18 November 2005.

Film kelima, Harry Potter dan Order of the Phoenix, disutradarai oleh David Yates dan dirilis di AS pada 11 Juli 2007. Yates juga mengarahkan film berikutnya, Harry Potter and the Half Blood Prince dan Harry Potter and the Deathly Hallows yang dijadikan dua film terpisah.

Selanjutnya: Teroris Gagal Ledakkan Bom di Kereta Bawah Tanah London

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement