Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

AS Pertimbangkan Cabut Sanksi Pejabat Militer Venezuela

Kamis 07 Feb 2019 08:44 WIB

Red: Nidia Zuraya

John Bolton

John Bolton

Foto: AP
Washington mengakui Guaido sebagai presiden sementara Venezuela

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) akan mempertimbangkan pencabutan sanksi terhadap pejabat militer senior Venezuela. Pencabutan sanksi tersebut menurut penasehat keamanan nasional Gedung Putih, John Bolton, akan diberikan jika mereka mengakui pemerintahan Juan Guaido, yang mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara.

"AS akan mempertimbangkan pencabutan sanksi bagi pejabat militer senior Venezuela yang berpihak pada demokrasi dan mengakui pemerintahan 'konstitusional' Presiden Juan Guaido. Jika tidak, lingkaran keuangan internasional sepenuhnya akan ditutup," cuit Bolton di akun Twitter, Rabu (6/2).

Washington mengakui Guaido sebagai presiden sementara negara Amerika Selatan tersebut. Langkah yang diikuti oleh sejumlah negara itu meningkatkan tekanan terhadap pemimpin Venezuela Nicolas Maduro, yang kembali unggul dalam pemilu tahun lalu dalam pemilihan yang diakui banyak pihak telah diwarnai kecurangan.

Namun selain dari seorang jenderal senior, yang mengakui Guaido sebagai presiden dalam sebuah video dan meminta anggota militer lain untuk melakukan hal yang sama, sebagian besar pejabat tinggi militer Venezuela tidak membelot dari Maduro.


sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA