Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Miliuner India Ditangkap di London

Rabu 20 Mar 2019 19:00 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Bendera India (Ilustrasi).

Bendera India (Ilustrasi).

Foto: IST
Miliuner India dituduh melakukan penipuan dana pinjaman bank.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Miliuner India yang menjadi buronan akhirnya ditangkap di London. Kepolisian Inggris mengatakan mereka menangkap Nirav Modi bersama pihak berwenang India.

India sudah meminta Inggris untuk mengekstradiksi Modi. Pengusaha kaya raya itu pelaku utama penipuan dana pinjaman Punjab National Bank (PNB) sebesar 2 miliar dolar AS, yang menjadi kasus penipuan perbankan terbesar di India.

Dilansir di Aljazirah, Rabu (20/3), Polis mengatakan Modi ditangkap di daerah Holborn, pusat kota London pada Selasa (19/3) kemarin. Ia akan menghadiri persidangan London's Westminster Magistrates Court.

Pada Juli 2018 lalu, Interpol sudah mengeluarkan red notice semacam surat penangkap internasional untuk pengusaha berlian terkenal tersebut. Modi melakukan penipuan PNB yang menjadi bank negara terbesar nomor dua di India.

Pada 2018, dua kelompok yang dipimpin Modi dan pamannya Mehul Choksi melakukan penipuan. Mereka meningkatkan kredit dari dari bank-bank India lainnya menggunakan jaminan ilegal yang dikeluarkan staf PNB yang nakal.

Modi dan Choksi membantah melakukan kejahatan. Mereka kabur dari India sebelum rincian penipuan tersebut diketahui publik.

Pada Desember lalu, pengadilan Inggris juga setuju untuk mengekstradiksi pengusaha India lainnya, Vijay Mallay. Taipan industri penerbangan itu menghadapi tuduhan penipuan. Saat ini ia sedang mengajukan banding atas kasus tersebut. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA