Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

CIA Tuduh Huawei Didanai Badan Intelijen China

Ahad 21 Apr 2019 06:47 WIB

Red: Nidia Zuraya

Huawei

Huawei

Foto: EPA
Kementerian Luar Negeri China tidak berkomentar atas isu tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan intelijen Amerika Serikat (CIA) menuduh Huawei Technologies didanai oleh badan intelijen China. Ini merupakan tuduhan baru yang dilayangkan kepada Huawei, demikian menurut The Times yang dilansir Reuters.

CIA menuduh Huawei mendapatkan dana dari Komisi Keamanan Nasional China, Tentara Pembebasan Rakyat dan sebuah cabang ketiga dari jaringan intelijen China, tulis The Times dengan mengutip sumber.

Huawei dalam laporan The Times membantah tuduhan tersebut. "Huawei tidak berkomentar untuk tuduhan tidak berdasar yang juga disokong bukti nol dari sumber anonim," kata perwakilan Huawei.

Sementara itu, CIA dan Kementerian Luar Negeri China tidak berkomentar atas isu tersebut.

Tuduhan terhadap Huawei tersebut terjadi di tengah perang dagang Washington dengan Beijing. AS pernah mencurigai perangkat Huawei digunakan untuk spionase.

Huawei menyatakan kekhawatiran tersebut tidak berdasar. Pihak berwenang di AS menyelidiki Huawei karena dugaan pelanggaran sanksi.

Desember lalu, seorang pemimpin di Huawei, sekaligus anak pendiri perusahaan tersebut, Meng Wanzhou, ditangkap di Kanada atas perintah AS karena kasus penipuan. Dia membantah tuduhan tersebut, ayahnya Ren Zhengfei menyatakan penangkapan tersebut bermotif politis.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA