Jumat 03 May 2019 16:55 WIB

Anggota Parlemen Inggris: Brexit Harus Diselesaikan

Masalah Brexit dianggap jadi faktor kekalahan Partai Buruh dan Partai Konservatif.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Demonstran anti-Brexit membawa patung Perdana Menteri Theresa May dekat College Green di Houses of Parliament, London, Senin (1/4).
Foto: Jonathan Brady/PA via AP
Demonstran anti-Brexit membawa patung Perdana Menteri Theresa May dekat College Green di Houses of Parliament, London, Senin (1/4).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Anggota Parlemen Inggris dari Partai Buruh John McDonnell mengatakan hasil pemilihan umum lokal memberikan pesan persoalan Brexit harus segera diselesaikan. McDonnell ditunjuk sebagai pengawas kinerja menteri keuangan.  

"Kami akan lihat hasil akhir pemilihan lokal pada nanti malam karena sekarang hasilnya cukup tercampur secara geografis tapi sejauh ini pesan dari pemilu lokal - 'selesaikan - Brexit', telah diterima," cuit McDonnell di Twitter, Jumat (3/5). 

Baca Juga

Partai Buruh dan Partai Konservatif yang mengusung Perdana Menteri Theresa May mengalami kekalahan dalam pemilihan anggota dewan kota atau dewan daerah. Hal itu dinilai menunjukkan para pemilih menghukum kedua partai itu atas kebuntuan Brexit. 

Hasil pemilihan dewan lokal Inggris yang diumumkan BBC menunjukkan Partai Konservatif kehilangan 433 kursi dan Partai Buruh kehilangan 81 kursi. Tapi, sebagian kecil suara Demokrat Liberal naik.  Hal itu menutupi kekalahan dalam pemilu 2015, ketika para simpatisan mereka menolak partai itu bergabung ke dalam koalisi Partai Konservatif. 

Para aktivis mengatakan Demokrat Liberal telah memberikan pesan yang jelas untuk menghentikan kebuntuan Brexit, Inggris membutuhkan referendum kedua. Demokrat Liberal mendapat 301 kursi, kandidat independen memenangkan 215 kursi dan partai Hijau yang juga mendukung referendum kedua mendapatkan 38 kursi. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement