Ahad 26 May 2019 11:51 WIB

Kapal Kargo Jepang Tenggelam, 4 Orang Hilang

Kapal kargo tersebut tabrakan sebelum tenggelam.

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Bendera Jepang
Foto: techgenie.com
Bendera Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Sebanyak empat anggota awak kapal pengangkut baja dari Jepang dilaporkan hilang pada Ahad (26/5). Sebelumnya, tabrakan antara kapal kargo tersebut dengan kapal lainnya di perairan Pasifik terjadi pada dini hari.

Kapal yang bertabrakan adalah kapal kargo berbendera Jepang bernama Senshomaru dan Sumihomaru pada sekitar pukul 2.10 dini hari waktu setempat. Lokasi tabrakan tepatnya berada di perairan Pasifik, lepas pantai prefektur Chiba.

Baca Juga

"Senshomaru tampaknya telah tenggelam di tempat tabrakan. Kapal patroli penjaga pantai Matsushima menyelamatkan kapten Senshomaru, tetapi empat anggota awak kapal lainnya hilang,” ujar penjaga pantai di lokasi kejadian, Hiromitsu Kawaguchi dilansir The Strait Times, Ahad (26/5).

Senshomaru membawa 1.600 ton baja dari Kashima di Jepang timur ke Osaka, pusat komersial barat Jepang. Dipastikan kapten dan seluruh anggota awak kapal tersebut adalah laki-laki serta berkebangsaan Jepang.

Sementara itu, empat awak kapal Sumihomaru dilaporkan selamat. Tidak ada rincian mengenai kerusakan yang dialami oleh kapal kargo tersebut. Saat kecelakaan terjadi, kabut tebal dikatakan menutupi wilayah perairan tersebut.

Penjaga pantai meluncurkan lima kapal patroli, sebuah helikopter, dan unit pencarian dan penyelamatan khusus untuk menemukan orang-orang yang hilang.  Sementara, unit khusus lainnya sedang bekerja untuk mengatasi kebocoran minyak yang terjadi akibat tabrakan kedua kapal kargo tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement