Selasa 04 Jun 2019 01:16 WIB

5 Jenazah Ditemukan di Himalaya India Lewat Pencarian Udara

5 jenazah yang ditemukan di Himalaya tersebut diduga adalah 8 pendaki yang hilang.

Puncak Pegunungan Himalaya
Foto: AP PHOTO
Puncak Pegunungan Himalaya

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI— Lima jenazah ditemukan di Gunung Himalaya India pada Senin (3/6)  selama pencarian melalui udara. Pencarian ini dilakukan untuk menemukan delapan pendaki yang dikhawatirkan diterjang salju longsor pekan lalu.

Para pendaki tersebut, empat dari Inggris, dua dari Amerika Serikat, dan masing-masing satu dari Australia dan India, dilaporkan hilang oleh rekan mereka pada Jumat (31/5), setelah mereka gagal kembali ke kamp pusat di dekat Nanda Devi, gunung tertinggi kedua di India.

Baca Juga

Satu helikopter Angkatan Udara melihat lima mayat dalam penerbangan di atas wilayah tempat mereka hilang. "Empat mayat dapat terlihat berkumpul dan satu mayat agak jauh dari yang lain," Vijay Kumat Jogdande, pejabat pemerintah di Kabupaten Pithoragarh, yang berdekatan dengan lokasi pegunungan.  

Misi pencarian sekarang bekerja dengan asumsi semua delapan pendaki tersebut telah tewas, katanya.

Saat ini menjadi salah satu musim pendakian yang paling banyak merenggut korban jiwa di Himalaya selama beberapa tahun. Lebih dari 20 orang telah tewas di gunung itu, termasuk 11 di Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia yang telah dilanda cuaca buruk, lalu faktor pendaki yang tak berpengalaman dan jumlah pendaki yang melebihi kapasitas.

Nanda Devi, dengan ketinggian 7.816 meter, dan gunung kembarannya, Nanda Devi Timur, termasuk di antara puncak yang paling menantang di dunia dan hanya sedikit orang yang pernah mencapai puncaknya. 

 

 

sumber : Reuters/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement