Rabu 19 Jun 2019 16:49 WIB

Erdogan: Kematian Mursi Apakah Normal?

Erdogan menyatakan kecurigaan atas kematian pemimpin Ikhwanul Muslim itu.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Budi Raharjo
Mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi
Foto: EPA-EFE/Khaled Elfiqi
Mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri doa pemakaman untuk mantan Presiden Mesir Muhammad Mursi, Selasa (18/6) waktu setempat. Erdogan menyatakan kecurigaan atas kematian pemimpin Ikhwanul Muslim itu.

"Apakah itu kematian normal, atau ada beberapa elemen lain yang terlibat, ini (kematian Mursi) mencurigakan. Secara pribadi, saya tidak percaya bahwa itu adalah kematian normal," ujar Erdogan berbicara setelah doa pemakaman di Masjid Fatih dilansir Anadolu Agency, Rabu (19/6).

Mursi adalah presiden Mesir pertama yang terpilih secara demokratis. Ia meninggal pada usia 67 tahun pada saat menghadiri persidangan kasus spionase, Senin (17/6).

Doa pemakaman in absentia dilakukan di seluruh Turki. Doa pemakaman diadakan di masjid-masjid di seluruh Turki, termasuk di dekat Kedutaan Besar Mesir di ibu kota Ankara.

Aktivis masyarakat sipil, warga negara dan Muslim dari Mesir, Ethiopia, Somalia, Palestina, Suriah, dan wilayah otonom Xinjiang Uighur di Cina menghadiri pertemuan di Ankara. Acara doa diorganisir oleh berbagai organisasi non-pemerintah untuk memberi penghormatan kepada almarhum pemimpin tersebut.

Para peserta membawa tanda Rabia dan plakat mengecam pemerintah Mesir dan foto-foto Mursi. Plakat bertuliskan slogan-slogan yang termasuk, "Kudeta akan dikalahkan, gerakan Islam akan menang", "Penyebab Islam abadi" dan "Angkat suara Anda untuk kemanusiaan".

"Hari ini kami telah memenangkan seorang martir di jalan Tuhan," kata seorang mahasiswa Mesir Mumin Esref mengatakan kepada wartawan atas nama berbagai organisasi setelah doa.

"Tiran menguburnya diam-diam di dini hari, tetapi dia menang," kata Esref.  

"Ratapan yang mati syahid dan diperbudak di ruang bawah tanah Mesir akan menjadi tentara dan sekali lagi menggulingkan otoritas kudeta di Mesir," tambah dia.

Serikat pekerja dan organisasi masyarakat sipil juga hadir dalam pertemuan tersebut. Selain Ankara, sejumlah doa untuk Mursi dilakukan di empat sudut Turki termasuk Istanbul, provinsi Mediterania, Antalya, dan provinsi Van timur.

Mursi, anggota terkemuka Ikhwanul Muslimin Mesir, memenangkan pemilihan presiden demokratis pertama Mesir pada 2012. Namun, setelah hanya satu tahun menjabat, ia digulingkan dan dipenjara dalam kudeta militer berdarah yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan saat itu dan Presiden Abdel Fattah el-Sisi saat ini.

Pada saat kematiannya, Mursi menghadapi sejumlah tuntutan hukum, yang menurutnya, bersama sejumlah kelompok hak asasi manusia dan pengamat independen, bermotivasi politis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement