Sabtu, 16 Zulhijjah 1440 / 17 Agustus 2019

Sabtu, 16 Zulhijjah 1440 / 17 Agustus 2019

Donald Trump Dapat Ucapan Ulang Tahun dari Kim Jong-Un

Rabu 26 Jun 2019 03:41 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump

Foto: EPA
Kim Jong-un menyurati Donald Trump yang berisi ucapan selamat ulang tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku, bahwa Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya. Ucapan tersebut, kata Tump, diterimanya melalui surat pada awal bulan ini. 

"Dia (Kim) benar-benar mengirimkan saya ucapan selamat ulang tahun, dan menurut saya itu adalah surat yang bersahabat," ujar Trump yang menginjak usia 74 tahun pada 14 Juni lalu dilansir The Strait Times, Rabu (26/6).

Baca Juga

Hal itu dikatakan Trump saat wartawan menanyakan soal surat dari Kim Jong-un yang diterima AS beberapa waktu lalu di Oval Office, AS. Komentar Trump juga muncul sehari usai media pemerintah Korut mengutip Kim yang mengungkapkan bahwa ia telah menerima surat yang sangat baik dari presiden AS.

"Menghargai politik dan keberanian luar biasa Presiden Trump, Kim Jong-un mengatakan bahwa ia akan serius merenungkan mengenai denuklirisasi," lapor Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA).

Sementara, halaman depan surat kabar resmi Korut, Rodong Sinmun, memuat foto Kim memegang surat Trump ketika dia membaca surat tersebut di kantornya.

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih melalui juru bicaranya Sarah Sanders mengonfirmasi surat untuk Kim tersebut dikirim oleh Presiden Trump. "Pertukaran surat antara para pemimpin dilakukan setelah pertemuan kedua yang dilakukan Februari lalu, meski berakhir tanpa kesepakatan," ujar Sanders.

Laporan KCNA juga disampaikan dua hari setelah kunjungan Presiden Cina Xi Jinping ke Korut. Kehadiran Xi di Korut dinilai memberikan sinyal kepada Trump mengenai pengaruhnya kepada Kim Jong-un.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA