Senin 01 Jul 2019 06:33 WIB

Paus Puji Pertemuan Trump-Kim di DMZ

Trump menjadi presiden AS pertama yang menginjakkan kaki di Korea Utara

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (Depan Kiri) dan Presiden AS, Donald Trump (Depan Kanan)
Foto: VOA
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (Depan Kiri) dan Presiden AS, Donald Trump (Depan Kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, VATICAN CITY -- Paus Fransiskus memuji pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Paus Fransiskus berharap pertemuan tersebut akan mengarah pada perdamaian.

"Dalam beberapa jam terakhir kita melihat di Korea contoh yang baik dari budaya perjumpaan. Saya mengucapkan selamat kepada para protagonis, dengan berdoa agar sikap yang begitu signifikan akan menjadi langkah lebih jauh di jalan menuju perdamaian, tidak hanya di semenanjung itu, tetapi untuk kebaikan di seluruh dunia, " katanya kepada ribuan orang di Lapangan Santo Petrus dalam pidato mingguannya, Ahad (30/6).

Baca Juga

Trump menjadi presiden AS pertama yang menginjakkan kaki di Korea Utara pada Ahad (30/6) ketika ia bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, di Zona Demiliterisasi (DMZ) antara kedua Korea dan setuju untuk melanjutkan kembali pembicaraan nuklir yang terhenti.

Ketika dia bertemu paus tahun lalu, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, yang beragama Katolik, menyampaikan undangan lisan dari Kim kepada Paus Fransiskus agar berkunjung ke Korea Utara.

Para pejabat Vatikan mengatakan paus, yang telah membuat banyak permohonan untuk pemulihan hubungan antara kedua Korea, akan mempertimbangkan melakukan perjalanan seperti itu dalam kondisi tertentu jika itu dapat membantu menciptakan perdamaian.

Moon mengatakan bahwa paus, yang akan mengunjungi Jepang tahun ini, mengatakan kepadanya bahwa dia "pasti akan menjawab" undangan resmi dan tertulis dari Kim. Undangan semacam itu diyakini belum disampaikan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement