Ahad 30 Jun 2019 10:25 WIB

Iran Jadi Sorotan Trump dan Pangeran Salman

Keduanya membahas soal meningkatnya ancaman dari Iran.

Presiden AS Donald Trump
Foto: Evan Vucci/AP
Presiden AS Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, OSAKA -- Iran menyita perhatian utama Amerika Serikat dan Arab Suadi. Negeri syiah itu menjadi salah satu bahasan utama saat pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman (MBS) di sela KTT G20 di Osaka, Jepang.

Hal itu dikatakan juru bicara Gedung Putih, Hogan Gidley, yang menyebut perbincangan keduanya sangat produktif. "Mereka membahas peran penting Arab Saudi dalam memastikan stabilitas di Timur Tengah dan pasar minyak global," ujar Gidley dilansir Anadolu Agency, Sabtu (29/6).

Selain itu, Gidley mengatakan, keduanya membahas soal meningkatnya ancaman dari Iran, peningkatan perdagangan, dan investasi antara kedua negara. Trump dan MBS juga membahas pentingnya masalah hak asasi manusia.

Menjelang pertemuan bilateral dengan MBS, Trump mengatakan bahwa suatu kehormatan besar dapat bersama Pangeran Putra Mahkota. Riyadh merupakan pembeli yang baik untuk produk-produk Amerika, kata Trump beberapa waktu lalu. Sementara itu, MBS mengucapkan terima kasih kepada Trump atas komentarnya dan berharap keselamatan bagi kedua negara tersebut.

Kendati demikian, Utusan Khusus AS untuk Iran, Brian Hook, mengatakan, Pemerintah AS akan menjatuhkan kembali sanksi kepada negara manapun yang mengimpor minyak Iran tanpa pengecualian. Sebelumnya, pada awal pekan lalu Trump sudah menargetkan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan pejabat tinggi Iran lainnya dengan menjatuhkan sanksi.

"Kami akan menjatuhkan sanksi atas impor minyak mentah Iran," kata Hook ketika ditanya tentang penjualan minyak mentah Iran ke Asia.

AS juga akan melihat laporan minyak mentah Iran ke Cina. Saat ini tidak ada keringanan minyak. "Kami akan memberi sanksi atas pembelian ilegal minyak mentah Iran," ujar Hook.

Teheran telah menjual peningkatan volume produk petrokimia dengan harga di bawah harga pasar di negara-negara, termasuk Brasil, Cina, dan India, sejak AS menerapkan kembali sanksi terhadap ekspor minyak Iran pada November. Iran memang memiliki sejarah menggunakan perusahaan depan untuk menghindari sanksi, memperkaya rezim, dan mendanai petualangan asingnya, kata Hook. Menurut dia, Iran melanggar hukum maritim untuk menyembunyikan ekspor minyaknya.

Tahun lalu Trump menarik AS ke luar dari kesepakatan multinasional. Kesepakatan itu berisi sanksi terhadap Iran yang dicabut dengan imbalan pembatasan terhadap program nuklirnya, yang diverifikasi oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Washington sejak itu telah memberlakukan kembali sanksi keras terhadap Iran. Tujuannya memangkas penjualan minyak Iran menjadi nol untuk memaksanya menegosiasikan kesepakatan yang lebih luas serta akan mencakup kemampuan rudal balistik dan pengaruh regionalnya.

Iran ingin menjual minyaknya pada tingkat yang sama seperti sebelum Washington menarik diri dari perjanjian itu. Iran telah terlalu sering menolak diplomasi. "Mereka harus menghentikan agenda sektarian ini untuk menciptakan koridor ke kuasaan Syiah untuk mendominasi Timur Tengah," kata Hook.

Hook menilai hal tersebut hanya ingin membentuk kembali Timur Tengah dalam citranya sehingga akan sangat menggoyahkan Timur Tengah untuk memiliki rezim teokratis Marxis.

Sementara itu, para petinggi Iran dan penandatanganan Joint Comprehensive Plan for Action (JCPOA) bertemu di kantor IAEA di Wina, Austria, Jumat (28/6). Meski demikian, utusan Iran, Wakil Menteri Luar Negeri Abbas Araqchi, mengatakan, perundingan Wina memang sebuah kemajuan. Namun, menurut dia, hal tersebut masih belum cukup bahkan tidak memenuhi harapan Iran.

Dia mengatakan, pada akhirnya bergantung pada atasannya di Teheran untuk memutuskan apakah akan membatalkan rencana melampaui batas dalam kesepakatan nuklir atau tidak. Araqchi tidak percaya hasil pembicaraan itu akan mengubah pikiran mereka.

Keputusan untuk mengurangi komitmen kami telah dibuat dan kami akan melan jutkan kecuali harapan kami terpe nuhi. "Saya tidak berpikir kemajuan yang dibuat hari ini akan cukup untuk menghentikan proses kami, tetapi keputusan akan dibuat di Teheran," katanya.

Iran yang akan melampaui batas kesepakatan menjadi kekhawatiran yang membayangi para pemimpin Eropa yang berusaha menjaga konfrontasi antara Washington dan Teheran agar tidak lepas kendali. Meskipun mengabaikan kesepakatan itu, Washington telah menuntut negara-negara Eropa untuk memastikan Iran mematuhinya.

Namun, Iran menyatakan, tidak dapat melakukan hal itu kecuali jika Eropa memberikannya beberapa cara untuk menerima manfaat ekonomi yang dijanjikan dari kesepakatan itu. (fergi nadira ed: setyanavidita livikacansera)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement