Senin 08 Jul 2019 17:53 WIB

Bus Tergelincir Akibat Sopir Tidur, 29 Orang Tewas di India

India terkenal dengan infrastruktur buruk dan pengemudi yang melaju kencang.

Rep: Fergi Nadira/Rossi Handayani/ Red: Nur Aini
Kecelakaan bus di India (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/PIYAL ADHIKARY
Kecelakaan bus di India (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Bus penumpang yang mengangkut 50 penumpang tergelincir keluar jalur di dekat kota Agra, India, Senin (8/7) pagi waktu setempat. Polisi setempat mengatakan, sedikitnya 29 orang tewas, dan 18 orang lainnya terluka.

Polisi mengatakan, sopir diduga tertidur sebelum menabrak pembatas jalan, dan akhirnya jatuh ke celah antara dua flyover di Yamuna Expressway di negara bagaian Uttar Pradesh. Bus dijadwalkan melakukan perjalanan dari New Delhi ke Lucknow ibu kota Uttar Pradesh. Kecelakaan dilaporkan terjadi pada pukul 4.15 waktu setempat, sekitar 200 kilometer dari New Delhi.

Baca Juga

"Bus jatuh lebih dari 12 meter ke saluran pembuangan di bawah jalan, menghancurkan dek atas bus sehingga mempersulit upaya penyelamatan," kata polisi dilansir Aljazirah, Senin.

"Sebanyak 29 orang diidentifikasikan tewas dan 18 lainnya terluka," kata hakim distrik Agra, NG Ravi Kumar, di tempat kejadian.

Menurut catatan pihak berwenang India, Yamuna Expressway sejauh 165 km dari Delhi ke Agra adalah jalan raya enam lajur terpanjang di India. Sementara sekitar 900 orang terbunuh di jalan tersebut sejak dibuka pada 2012. Lebih dari 150 ribu orang per tahun terbunuh di jalan-jalan India, yang terkenal dengan infrastruktur yang buruk dan pengemudi yang melaju kencang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement