Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Piala Dunia Wanita, AS Tekuk Inggris dalam Laga Sarat Drama

Rabu 03 Jul 2019 06:52 WIB

Red: Bayu Hermawan

Alex Morgan

Alex Morgan

Foto: en.africatopsports.com
Timnas putri AS mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 dan melaju ke final.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional putri Amerika Serikat berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 2-1, dalam pertandingan semifinal Piala Dunia Putri 2019 di Stadion Groupama, Lyon, Prancis, Rabu (3/7) dini hari WIB. AS kini menanti siapa lawan yang akan dihadapi di final, antara Belada atau Swedia.

Laga semifinal Piala Dunia berjalan menarik. Sejumlah drama mulai dari gol yang dianulir, kegagalan mengeksekusi penalti dan satu kartu merah, mewarnai pertandingan tersebut.

Juara bertahan AS berhasil melangkah ke final, setelah dua gol Christen Press dan Alex Morgan hanya bisa dibalas Inggris lewat Ellen White. AS mencatatkan rekor sebagai tim pertama yang lolos ke tiga partai final Piala Dunia Putri beruntun, setelah sebelumnya di Prancis juga mencetak rekor kemenangan terbesar kala melumat habis Thailand 13-0 di babak penyisihan grup.

Jalannya laga

Inggris hampir tertinggal saat pertandingan bari berlangsing empat menit. Saat itu, barisan pertahanan Inggris gagal mengantisipasi sepak pojok dan membuat Rose Lavelle merangsek melewati Millie Bright sebelum melepaskan tembakan keras yang untungnya masih bisa ditepis kiper Carly Telford.

Namun, Telford tak berkutik ketika Press lepas dari kawalan bek Lucy Bronze dan menanduk bola umpan silang kiriman Kelley O'Hara pada menit ke-10 untuk membuka keunggulan AS. Inggris berhasil keluar dari tekanan dan menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-19 lewat White yang menyambut umpan silang dari Beth Mead.

Setelah Telford menyelamatkan gawang lagi dari tembakan Lavalle dan AS hampir mencetak gol bunuh diri ketika Becky Saurberunn menghalau umpan silang Mead, Morgan berhasil merestorasi keunggulan AS lewat tandukannya menyambut umpan silang Lindsey Horan pada menit ke-31. Upaya balasan singkat Inggris lewat Keira Walsh berhasil dimentahkan oleh kiper Alyssa Naeher dua menit berselang, yang membuat AS mempertahankan keunggulan hingga turun minum.

Pada menit ke-67, drama pertama terjadi. Ketika itu, Inggris mencetak gol lewat White yang menyambut umpan terobosan Jill Scott. Namun, wasit memutuskan untuk meninjau tayangan ulang VAR dan menganulir gol tersebut.

Tayangan ulang memperlihatkan satu kaki White berada dalam posisi offside ketika Scott melepaskan umpan. Drama kedua terjadi pada menit ke-83, dua menit setelah insiden jatuhnya White di dalam kotak penalti AS karena dijegal Sauerbrunn, wasit Edina Alves Batista menunjuk titik putih.

Namun, kesempatan itu dibuang begitu saja oleh Nikjita Parris yang jadi algojo dan eksekusi penaltinya berhasil dihentikan oleh Naeher. Dan pada menit ke-86, drama pamungkas laga terjadi.

Saat itu, bek Inggris Millie Bright berusaha mengambil bola dari penguasaan Morgan, namun kakinya tak mengenai si kulit bundar hanya menjatuhkan kapten AS itu. Wasit mengeluarkan kartu kuning kedua demi mengusir Bright dari lapangan dan memaksa Inggris menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain.

Ketimpangan jumlah pemain membuat AS dengan mudah menjaga keunggulan hingga memastikan kemenangan 2-1 saat peluit tanda laga usai berbunyi. AS melangkah ke final, menanti pemenang laga semifinal lain antara Belanda kontra Swedia yang bakal berlangsung pada Kamis (4/7) dini hari WIB.

Susunan pemain:

Inggris (4-2-3-1): Carly Telford; Lucy Bronze, Steph Houghton, Millie Bright, Demi Stokes; Jill Scott, Keira Walsh (Jade Moore); Rachel Daly (Georgia Stanway), Nikita Parris, Beth Mead (Francesca Kirby); Ellen White

Pelatih: Phil Neville

Amerika Serikat (4-3-3): Alyssa Naeher; Kelley O''Hara (Ali Krieger), Abby Dahlkemper, Becky Sauerbrunn, Crystal Dunn; Rose Lavelle (Samantha Mewis), Julie Eartz, Lindsey Horan; Tobin Heath (Carli Lloyd), Alex Morgan, Christen Press

Pelatih: Jill Ellis

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA