Sabtu 20 Jul 2019 15:23 WIB

Netanyahu Pecahkan Rekor Pemimpin Terlama Israel

Netanyahu telah memimpin selama 4.876 hari lebih dari perdana menteri pertama Israel.

Rep: rossi handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu.
Foto: Ronen Zvulun/Pool Photo via AP
Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Benjamin Netanyahu telah menjadi perdana menteri terlama di Israel. Ini melampaui rekor yang ditetapkan oleh bapak pendiri negara itu, David Ben Gurion.

Dilansir BBC Sabtu (20/7), Netanyahu telah memimpin selama 4.876 hari lebih dari perdana menteri pertama Israel, Gurion. Dia mendapatkan masa jabatan kelimanya awal tahun ini, tetapi menyerukan pemilihan baru setelah gagal membentuk pemerintahan.

Baca Juga

Saat ini Netanyahu menghadapi serangkaian kemungkinan tuduhan korupsi dan menyerukan agar dia mengundurkan diri. Namun ia membantah melakukan kesalahan, dan menuduh bahwa kasus itu bermotivasi politik.

Netanyahu memenangkan pemilihan pertamanya pada 1996, menjadi perdana menteri Israel termuda di usia 46 tahun. Dia juga pemimpin pertama yang lahir setelah pembentukan negara pada 1948.

Sebagai kepala partai sayap kanan Likud, Netanyahu memiliki reputasi sebagai garis keras dalam proses perdamaian Israel-Palestina.

Netanyahu yang dikenal sebagai Bibi, tetap populer dengan basis partainya, ia adalah tokoh yang memecah belah di Israel. Para kritikus melihatnya sebagai orang jahat dan bahkan anti-demokrasi.

Ia menghadapi tantangan berat dari lawan politik yang berusaha menggulingkannya dalam pemilihan pada 17 September. Diantara mereka yakni mantan perdana menteri lainnya, Ehud Barak, dan mantan kepala staf militer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement