Rabu 14 Aug 2019 13:54 WIB

Kapal Induk Terbaru Cina Tampung Lebih Banyak Jet Tempur

Cina sekarang memiliki tim pengembangan dan konstruksi yang lebih maju.

Kapal induk pertama Cina Liaoning.
Foto: CCTV News
Kapal induk pertama Cina Liaoning.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kapal induk generasi kedua yang merupakan jenis terbaru milik Cina mampu menampung lebih banyak pesawat tempur dibandingkan dengan generasi pertama. Kapal induk terbaru Cina tersebut mampu mengangkut 36 unit jet tempur jenis J-15 buatan dalam negeri.

Sedangkan kapal induk generasi pertama hanya mampu menampung 24 unit. Meskipun generasi kedua bertipe 001A mirip dengan generasi pertama Liaoning, kapal tersebut memiliki landas pacu yang memadai, area persenjataan yang lebih sempit, dan super struktur yang lebih kecil namun ada pelebaran pada area dek.

Baca Juga

Pengamat armada laut Li Jie mengatakan kapal induk terbaru Cina itu juga memiliki hanggar yang lebih luas, namun gudang persenjataannya lebih kecil daripada Liaoning. "Dengan model yang lebih besar memungkinkan bagi kapal induk generasi kedua mengangkut 50 persen lebih banyak jet tempur J-15 daripada yang lama," ujarnya, Rabu (14/8).

Selain itu, kapal tersebut juga mampu mengangkut beberapa pesawat lainnya, termasuk sejumlah helikopter. Beberapa kapal induk yang dioperasikan Amerika Serikat lebih besar ukurannya, seperti Nimitz yang mampu mengangkut 60 unit pesawat, sedangkan Ford bisa menampung 75 unit.

Direktur Utama Shipbuilding Industry Corporation sekaligus kepala proyek kapal induk generasi terbaru, Hu Wenming, mengemukakan Cina sekarang memiliki tim pengembangan dan konstruksi yang lebih maju dengan rata-rata usia anggota tim 36 tahun. "Apa pun tipe kapal induk yang diinginkan negara, kami siap membuatnya sendiri," ujarnya saat diwawancarai CCTV, stasiun televisi resmi Pemerintah Cina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement