Jumat 16 Aug 2019 07:54 WIB

Pencari Kerja Tak Tertarik Pergi ke Pedalaman Australia, Apa Alasannya?

Sekitar 80 persen pendatang di Australia memilih tinggal di kota-kota besar.

Red:
abc news
abc news

Ada lebih dari 7 juta pendatang di Australia yang mencoba membantu peningkatan dan pertumbuhan ekonomi. Tapi sekitar 80 persen memilih tinggal di kota-kota besar.

Biro Statistik Australia mengatakan hanya ada 187 ribu orang pendatang yang memilih untuk tinggal dan kerja di kawasan pedalaman Australia, atau dikenal dengan istilah 'regional', dalam kurun lima tahun hingga 2011.

Sebagai akibatnya, banyak kota-kota pinggiran dan pedalaman Australia yang kesulitan mencari orang untuk dipekerjakan. Diperkirakan ada sekitar 60.000 lowongan pekerjaan yang belum terisi di kawasan tersebut.

Pedalaman Australia sepertinya kurang menarik bagi para pendatang baru, karenanya sebuah komite dari parlemen federal Australia mencari tahu bagaimana untuk meningkatkan minat.

Selaku ketua dalam komite tersebut adalah Julian Lesser dari Partai Luberal mengatakan mereka akan berkeliling pedalaman Australia untuk mencoba meningkatkan jumlah pendatang agar mau pindah dari kota-kota besar.

"Apa yang kita ketahui ada kawasan Australia yang telah sukses menarik pendatang baru, sementara di kawasan lain mengalami kesulitan dan menyebabkan kelangkaan kemampuan," ujar Julian.

Julian juga mengajak agar warga di pedalaman ikut berkontribusi pada proses pencarian solusi tersebut dengan menggelar 'public hearings' atau dengar pendapat publik yang akan digelar di sejumlah lokasi.

Sejumlah negara bagian di Australia sebenarnya sudah melakukan sejumlah upaya agar pendatang baru mau tinggal dan bekerja di Australia.

Pemerintah Kawasan Australia Utara (NT), misalnya, telah membuka 36 jenis pekerjaan baru bagi pendatang yang ingin bekerja di negara bagian tersebut.

Ingin menetap di Australia Utara?

Ingin menetap di Australia Utara?

Kawasan Australia Utara memberikan kesempatan bagi warga asing untuk bekerja dan jadi penduduk tetap.

Sebuah program migrasi baru dengan nama 'Designated Area Migration Agreement' (DAMA), juga sudah diterapkan di Warrnambool di negara bagian Victoria, kawasan The Goldfields di Australia Barat, negara bagian Australia Selatan, termasuk Adelaide, kawasan Orana di negara bagian New South Wales, serta di kawasan utara Queensland.

Mereka bisa mengajukan permohonan menjadi penduduk tetap Australia, atau permanent resident (PR) setelah bekerja di bidang-bidang yang dibutuhkan, setidaknya selama tiga tahun di daerah-daerah tersebut.

Menurut Menteri Imigrasi Federal Australia mengatakan progra, DAMA bertujuan agar program imigrasi bisa bermanfaat bagi Australia, khususnya di kawasan pedalaman.

"Prioritas kita selalu mengisi pekerjaan untuk warga Australia, tapi sistem imigrasi dapat memiliki peranan penting untuk menolong kawasan terpencil dari kesenjangan keterampilan," ujar Menteri David Coleman.

Tapi belum diketahui secara pasti berapa banyak pendatang yang tertarik mengikuti program ini.

Masalah lainnya adalah tidak semua perusahaan lokal di pedalaman Australia juga menerima pekerja asing, karena mereka lebih mendahulukan warga lokal yang mencari kerja.

Jika Anda ingin bekerja di Australia waspadai jika ada agen penyalur kerja atau agen migrasi dari Australia yang menjanjikan bisa membantu Anda mendapatkan visa kerja dan tinggal di Australia.

Simak informasi terkait studi, bekerja, dan tinggal di Australia di situs ABC Indonesia dan bergabunglah dengan komunitas kami di Facebook.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement