Kamis 08 Aug 2019 18:33 WIB

Arkeolog Ungkap Kapal Tertua Kedua di Antalya Turki

Kapal tertua kedua di dunia itu diperkirakan berumur 350 ribu tahun.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Kapal tertua di dunia ada di Turki
Foto: Daily Sabah
Kapal tertua di dunia ada di Turki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Para Arkeolog Turki menemukan sebuah kapal tertua kedua di dunia. Kapal yang ditemukan di Gua Karain Provinsi Antalya Selatan, Turki itu diyakini telah berumur 350 ribu tahun. Situs arkeologi paleolitikum itu berada di Desa Yagca sekitar 17 mil barat laut kota resor Mediterania, Antalya.

Profesor Harun Taskiran dari Departemen Arkeologi Universitas Ankara mengatakan pihaknya menemukan kapak dengan kedua sisi yang tajam.  

Baca Juga

"Kapal itu seukuran tangan manusia dan. Kapak itu ditemukan dalam penggalian pada lapisan gua era paleolitikum," seperti dilansir Daily Sabah pada Kamis (8/8).  

Menurut Harun kapal itu pasti digunakan untuk berburu. Tahun lalu, kapal serupa juga ditemukan di gua itu. Keberadaan kapal dan alat lainnya menunjukan gua menjadi ruang hidup, di mana orang kuno membuat peralatan. Hal itu juga menunjukan  orang-orang kuno telah menemukan api dan dapat memisahkan daging binatang yang diburu. 

Penggalian di Gua Karain telah dimulai pada  1946. Kawasan ini diyakini memiliki sejarah yang berusia 500 ribu tahun. 

Taskiran mengatakan bagian-bagian kerangka kuda nil, badak, gajah, dan homo neanderthalensis (manusia purba) juga ditemukan di gua itu. Pada 2016, para arkeolog di Australia menemukan sisa-sisa alat zaman batu yang telah dipoles, pada arkeolog meyakini benda-benda itu telah dibuat hampir 50 ribu tahun yang lalu. Andrian Saputra 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement