Jumat 02 Aug 2019 11:56 WIB

Facebook Tangguhkan 350 Akun Terkait Propaganda Saudi

Operasi ini menggunakan akun palsu yang menyamar sebagai warga negara.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Facebook.
Foto: AP
Facebook.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Facebook telah menangguhkan lebih dari 350 akun dan halaman dengan sekitar 1,4 juta pengikut di Arab Saudi. Mereka menyatakan orang yang terhubung dengan pemerintah Saudi telah menjalankan jaringan akun, dan halaman palsu untuk mempromosikan propaganda negara serta menyerang rival regional.

"Untuk operasi ini, penyelidik kami dapat mengonfirmasi orang-orang di balik ini terkait dengan pemerintah Arab Saudi. Setiap kali kita memiliki hubungan antara operasi informasi dan pemerintah, itu penting dan orang-orang harus sadar," kata kepala kebijakan keamanan keamanan siber Facebook, Nathaniel Gleicher, dilansir Aljazirah, Jumat (2/8).

Baca Juga

Operasi ini menggunakan akun palsu yang menyamar sebagai warga negara, dan halaman yang dirancang agar terlihat seperti outlet berita lokal. Lebih dari 100 ribu dolar Amerika dihabiskan untuk iklan.

"Mereka biasanya memposting dalam bahasa Arab tentang berita regional dan masalah politik. Mereka akan berbicara tentang hal-hal seperti Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) rencana reformasi sosial dan ekonomi internal, keberhasilan angkatan bersenjata Saudi, khususnya selama konflik di Yaman," kata Gleicher.

Pencopotan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk memerangi perilaku tidak otentik yang terkoordinasi di Facebook, dan aktivitas pertama yang dikaitkan dengan pemerintah Saudi. Negara-negara di Timur Tengah semakin beralih ke Facebook, Twitter, dan Youtube Google untuk menjajakan pengaruh politik terselubung secara online.

Kantor berita Reuters merinci kampanye ekspansif yang didukung Iran tahun lalu. Sementara Riyadh telah dituduh menggunakan taktik yang sama untuk menyerang saingan regional Qatar, dan menyebarkan disinformasi setelah pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Arab Saudi telah berulang kali membantah terlibat dalam kematian Khashoggi, dan belum menanggapi tuduhan sebelumnya tentang aktivitasnya di media sosial. Bersama dengan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir, negara itu memberlakukan blokade laut, darat dan udara di Qatar pada Juni 2017, menuduhnya mendukung terorisme.

Bulan lalu, dalam serangkaian artikel, Aljazirah meneliti peran Twitter di Timur Tengah sejak Musim Semi Arab. Penelitian mengungkapkan, manipulasi Twitter selama krisis Teluk menunjukkan jaringan bot yang luas mencoba mempopulerkan hashtag tertentu, mengirimkan berita palsu, dan menyebarkan propaganda sebelum dan segera setelah dimulainya blokade.

Facebook mengumumkan penghapusan "perilaku tidak autentik" beberapa kali dalam sebulan. Akan tetapi pernyataan yang secara langsung menghubungkan perilaku tersebut dengan pemerintah jarang terjadi.

Gleicher mengatakan, kampanye Saudi beroperasi di Facebook dan platform berbagi foto Instagram-nya, terutama menargetkan negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara, termasuk Qatar, UEA, Mesir, dan Palestina.

Facebook juga mengatakan pada Kamis telah menangguhkan jaringan terpisah lebih dari 350 akun yang terhubung dengan perusahaan pemasaran di Mesir dan UEA. Dalam hal itu, itu tidak secara langsung menghubungkan kegiatan dengan pemerintah.

Saat ini, perusahaan media sosial berada di bawah tekanan yang meningkat untuk membantu menghentikan pengaruh politik terlarang secara online. Facebook telah mengumumkan secara publik 11 penghapusan "perilaku tidak autentik" yang berasal dari 13 negara yang berbeda sepanjang tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement