Senin 12 Aug 2019 16:21 WIB

Puluhan Korban Jiwa Banjir dan Longsor Myanmar Ditemukan

Tanah longsor menimbun 27 rumah, satu kuil, dan kendaraan di Myanmar.

Red: Nur Aini
Banjir Myanmar
Foto: BBC
Banjir Myanmar

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Sebanyak 53 jenazah telah dikeluarkan dari timbunan tanah longsor akibat hujan lebat muson di Myanmar Tenggara sampai Ahad malam (11/8).

Departemen Pemadam Myanmar mengatakan tanah longsor di satu gunung menimbun 27 rumah, satu kuil Buddha, dan beberapa kendaraan di satu desa di Kota Praja Thaton di Negara Bagian Mon pada Jumat (9/8), sehingga mempengaruhi 169 warga desa.

Baca Juga

"Pekerjaan pertolongan akan berlanjut dalam beberapa hari ke depan sementara 29 warga desa dilaporkan masih belum ditemukan," kata pemerintah di dalam siaran pers pada Ahad, pukul 21.00 waktu setempat.

Htein Lin, Menteri Urusan Sosial Negara Bagian Mon pada Ahad (11/8) mengatakan kepada Kantor Berita Turki, Anadolu, dua tanah longsor lagi juga terjadi di daerah tersebut pada akhir pekan.

"Namun, tidak ada orang yang cedera dalam peristiwa ini," kata Lin melalui telepon.

Ia menambahkan setidaknya tiga bagian jalan raya utama di wilayah tersebut rusak akibat hujan lebat yang telah mengguyur wilayah itu selama berhari-hari. Hujan juga mengakibatkan penundaan pengangkutan bantuan ke daerah yang terpengaruh.

"Itu adalah bencana paling buruk di wilayah kami dalam tujuh dasawarsa," ia menambahkan.

Menurut data pemerintah, banjir membuat sedikitnya 14 ribu orang mengungsi di Negara Bagian Mon, Kayin dan Tanintharyi di Myanmar Selatan. Kota Kecil Yay di Negara Bagian Mon menjadi kota kecil yang paling parah dilanda bencana sementara dua-pertiga kota kecil itu telah tertimbun tanah longsor sejak Sabtu malam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement