Rabu 04 Sep 2019 12:00 WIB

Pemimpin Oposisi Venezuela Ingin Satelit Lacak Gerilyawan

Mantan gerilyawan FARC mengumumkan persenjataan kembali.

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido menyapa pendukungnya di Caracas, Venezuela, Sabtu (11/5).
Foto: AP Photo/Fernando Llano
Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido menyapa pendukungnya di Caracas, Venezuela, Sabtu (11/5).

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido mendukung penggunaan satelit untuk membantu melacak kelompok gerilya yang menyeberang masuk ke Venezuela dari negara tetangga Kolombia, Selasa (3/9).

Mantan gerilyawan FARC mengumumkan persenjataan kembali pada Kamis dalam sebuah video yang otoritas Kolombia yakini direkam di Venezuela. Hal tersebut memicu kekhawatiran memburuknya konflik bersenjata Kolombia dan ekspansi kelompok bersenjata di Venezuela.

Baca Juga

"Kami akan mengesahkan penggunaan teknologi satelit guna memudahkan lokasi kelompok-kelompok tak beraturan ini, dari kamp-kamp di perbatasan negara. Kami akan bekerja sama dengan Pemerintah Kolombia dalam kegiatan intelijen," kata Guaido dalam paparannya yang disiarkan melalui televisi.

Guaido pada Januari lalu mengajukan diri menduduki kursi kepresidenan sementara setelah menyatakan terpilihnya kembali Presiden Nicolas Maduro pada pemilu 2018 tidak sah. Pemimpin oposisi itu diakui oleh lebih dari 50 negara, termasuk Amerika Serikat dan Kolombia, sebagai presiden sah Venezuela, tetapi tidak memiliki kendali atas lembaga negara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement