Ahad 15 Sep 2019 16:50 WIB

AS Siap Rilis Cadangan Minyak

Cadangan minyak strategis AS telah digunakan untuk menstabilkan harga.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolanda
Foto satelit pada Sabtu (14/9) menunjukkan asap hitam membubung berasal dari kebakaran di fasilitas pemrosesan minyak milik perusahaan Saudi Aramco di Buqyaq, Arab Saudi.
Foto: Planet Labs Inc via AP
Foto satelit pada Sabtu (14/9) menunjukkan asap hitam membubung berasal dari kebakaran di fasilitas pemrosesan minyak milik perusahaan Saudi Aramco di Buqyaq, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pemerintah Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (14/9) menyatakan kesiapannya untuk memanfaatkan cadangan minyak darurat AS jika diperlukan. Hal ini disampaikan setelah serangan di Arab Saudi mengakibatkan hilangnya lebih dari setengah produksi minyak mentah di pengekspor minyak terbesar dunia.

Houthi mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang melumpuhkan sekitar 5 juta barel atau 5 persen dari produksi global. Akan tetapi Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyalahkan Iran.

Cadangan Minyak Strategis (SPR) yang dikelola oleh Departemen Energi, berada di gua-gua bawah tanah yang dijaga ketat di pantai Texas dan Louisiana. Cadangan minyak terbesar di dunia saat ini memiliki hampir 645 juta barel minyak, yang terdiri dari 395 juta barel minyak mentah asam berat dan 250 juta barel minyak manis ringan.

Mantan Sekretaris Negara Henry Kissinger mendorong terciptanya SPR pada tahun 1975, setelah embargo minyak Arab mendorong kenaikan harga bensin dan merusak ekonomi AS. Di bawah hukum AS, presiden dapat meminta penjualan darurat dari SPR jika negara tersebut dihadapkan pada gangguan pasokan yang mengancam perekonomian. SPR telah digunakan untuk tujuan itu tiga kali, paling baru pada tahun 2011 setelah kekerasan di Libya.

Washington di masa lalu telah berpartisipasi dalam penurunan terkoordinasi minyak darurat dengan Badan Energi Internasional yang berbasis di Paris. Badan ini mengoordinasikan kebijakan energi 30 negara industri, termasuk Amerika Serikat.

Menteri Energi Rick Perry mengatakan pada Sabtu, ia mengarahkan departemennya untuk bekerja dengan IEA tentang opsi untuk aksi global kolektif jika diperlukan untuk memasok pasar minyak global. Setelah booming minyak AS selama satu dekade, banyak politisi mengatakan bahwa waktunya telah tiba untuk sangat mengurangi ukuran SPR, seruan yang mungkin memudar setelah serangan pada Sabtu.

Berikut adalah beberapa rilis terbesar dari cadangan darurat AS:

1. Libya

Pada Juni 2011, Presiden Barack Obama memerintahkan penjualan 30,6 juta barel sebagai tanggapan atas gangguan pasokan minyak mentah di Libya. Ini dikoordinasikan dengan IEA, yang juga merilis 30 juta barel.

2. Badai Katrina

Pada bulan September 2005, setelah Badai Katrina menghantam produksi minyak, distribusi minyak dan kilang di Louisiana dan Mississippi, Presiden George W. Bush memerintahkan penjualan 30 juta barel minyak, dan SPR akhirnya menjual 11 juta kepada perusahaan-perusahaan energi. 

Dalam tanggapan terkoordinasi, IEA menetapkan sasaran untuk menyediakan 60 juta barel produk minyak dan minyak bumi, tetapi pada akhirnya lebih sedikit dari yang dijual.

3. Operasi Badai Gurun

Pada Januari 1991, setelah AS dan pesawat tempur sekutu memulai serangan terhadap Baghdad dan sasaran militer lainnya di Irak, Presiden George H.W. Bush memerintahkan penjualan 34 juta barel dimana 17,3 juta barel dijual.

4. Badai Harvey

Pada 2017 setelah Badai Harvey membanjiri Texas dan menutup sebagian besar kapasitas penyulingan di kawasan itu, Perry memesan pertukaran minyak dari cadangan. Sebanyak 5,2 juta barel dikirim ke pabrik penyulingan Gulf Coast, dan sedikit lebih banyak minyak dibayarkan ke cadangan pada awal 2018.

5. Badai Isaac

Pada Agustus 2012, SPR memberikan pinjaman darurat 1 juta barel kepada Marathon Petroleum Company untuk operasi penyulingan mereka setelah Isaac menutup produksi minyak di Teluk Meksiko.

6. Badai Gustav dan Ike

Pada September 2008, 5,3 juta barel minyak dikirim ke lima perusahaan yang persediaannya telah terpukul. Minyak tersebut telah dilunasi pada pertengahan 2009.

7. UU Pengobatan Abad 21

Di bawah undang-undang 2016 ini, SPR diarahkan untuk menjual minyak untuk mengumpulkan uang bagi pemerintah dan program obat-obatan. Ini mengarahkan penjualan 25 juta barel selama tiga tahun fiskal yang dimulai pada 2017.

8. UU Anggaran

Di bawah undang-undang 2015, SPR diarahkan untuk menjual hingga 2 miliar dolar AS minyak mentah SPR dari 2017 hingga 2020 untuk memodernisasi SPR.  Jaringan pipa dan pompa di SPR telah mengalami kerusakan setelah beberapa dekade terpapar udara yang lembab dan asin. Modernisasi juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan SPR untuk memuat minyak ke kapal tanker untuk ekspor. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement