Kamis 29 Aug 2019 01:05 WIB

Rusia, Turki Bahas Pasokan Pesawat Tempur Sukhoi

Rusia tengah membicarakan kemungkinan pengiriman pesawat tempur Sukhoi ke Turki.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersama Presiden Rusia Vladimir Putin.
Foto: Kremlin Pool Photo via AP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersama Presiden Rusia Vladimir Putin.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSCOW -- Rusia dan Turki sedang membahas kemungkinan pengiriman pesawat tempur Sukhoi Su-57 dan pesawat Su-35 buatan Rusia ke Turki, demikian dilaporkan Kantor Berita RIA, yang mengutip pejabat Rusia pada Rabu. Rusia mulai mengirim sistem peluru kendali S-400 ke Turki tahun ini.

Gara-gara pembelian sistem itu, hubungan Turki dengan sekutu-sekutu Ankara di NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) menjadi renggang. Karena langkah itu pula, Washington terdorong mulai menyingkirkan Turki dari program manufaktur F-35, jenis pesawat jet yang sebelumnya juga direncanakan Turki untuk dibeli.

Baca Juga

Kepala Dinas Federal Kerja sama Teknis-Militer Rusia menyebutkan bahwa ia berencana membahas sistem pertahanan rudal S-400 dengan mitranya dari Turki pada Rabu. Ia juga mengisyarakatkan "kemungkinan pengiriman Su-35 atau Su-57."

"Kelihatannya sangat tertarik, tetapi masih terlalu dini membicarakan soal negosiasi kontrak. Selain itu, belum ada pengajuan dan harus dikonsultasikan terlebih dahulu," kata pejabat Dmitry Shugaev, seperti dikutip kantor berita tersebut.

Presiden Tayyip Erdogan pada Selasa (27/8) mengatakan Turki ingin melanjutkan kerja sama industri pertahanan dengan Rusia, termasuk pesawat perang. Hal itu ia ungkapkan menyusul pembicaraannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement