Jumat 27 Sep 2019 08:13 WIB

China Bersedia Beli Lebih Banyak Produk Asal AS

China juga bersedia melakukan pembicaraan perdagangan dengan AS.

Red: Nur Aini
Bendera Cina-Amerika
Foto: washingtonote
Bendera Cina-Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Diplomat top China, Kamis (26/9), mengatakan bahwa China bersedia membeli lebih banyak produk AS. China juga bersedia melakukan pembicaraan perdagangan untuk membahas imbal hasil jika kedua belah pihak "mengambil langkah-langkah yang lebih antusias" untuk menunjukkan itikad baik dan mengurangi "bahasa pesimis" dalam perselisihan perdagangan mereka.

Wang Yi, anggota dewan negara dan menteri luar negeri China, mengatakan dalam menanggapi pertanyaan dari Reuters bahwa pemerintahan Trump telah menunjukkan itikad baik dengan menghapuskan tarif pada banyak produk China.

Baca Juga

"Jadi, (di) pihak China, kami bersedia membeli lebih banyak produk yang dibutuhkan oleh pasar China," kata Wang di sela-sela pertemuan tahunan para pemimpin dunia Majelis Umum PBB.

“Kami berharap kedua belah pihak dapat mengambil langkah-langkah yang lebih antusias, mengurangi bahasa dan tindakan pesimis. Jika semua orang melakukan ini, pembicaraan tidak hanya akan dimulai kembali, tetapi akan dilanjutkan dan memberikan hasil. "

Amerika Serikat dan China sedang mempersiapkan putaran lain perundingan perdagangan tingkat tinggi pada awal Oktober di Washington untuk mencoba mencari jalan keluar dari perang dagang hampir 15 bulan. CNBC melaporkan pada Kamis (26/9) bahwa pembicaraan dijadwalkan untuk 10-11 Oktober di Washington, mengutip orang-orang yang mengetahui pengaturan tersebut.

Kantor Perwakilan Dagang AS tidak menanggapi pertanyaan tentang tanggal. Kedua negara terlibat perang tarif untuk produk masing-masing yang mengguncang pasar keuangan dan mengganggu rantai pasokan global.

Trump pada Rabu (25/9) mengatakan bahwa kesepakatan perdagangan dengan China dapat datang lebih cepat dari yang dipikirkan orang, dan memuji pembelian China. Dalam pidatonya di pertemuan tahunan para pemimpin dunia pada Selasa (24/9), Trump mengeluarkan teguran keras terhadap praktik perdagangan China dan model pembangunan yang dipimpin negara. Dia mengatakan bahwa dia tidak akan menerima "kesepakatan buruk."

Importir China minggu lalu membeli sekitar 600 ribu ton kedelai AS, atau sekitar 10 muatan kapal, kata seorang analis pasar. Angka bisa segera tumbuh menjadi 6 juta ton setelah keringanan tarif baru dikeluarkan oleh China, kata Li Qiang, kepala analis di Shanghai JC Intelligence Co Ltd.

China membeli sekitar 32 juta ton kedelai Amerika pada 2017 sebelum mengenakan tarif pembalasan tahun lalu.

"Saya akan mengatakan bahwa suasana hati seperti musik, jika Anda mau, sangat positif memasuki negosiasi," kata penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow di Fox Business Network.

Ketika ditanya oleh Reuters apakah kritik AS terhadap kebijakan China tentang minoritas Muslim Uighur di Xinjiang dan protes politik Hong Kong dapat memengaruhi pembicaraan perdagangan, Wang mengatakan: "Kami berharap pembicaraan perdagangan dapat memiliki lingkungan asing yang longgar dan baik."

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement