Jumat 04 Oct 2019 03:46 WIB

Perempuan Saudi Diundang Bergabung Jajaran Militer

Perempuan Saudi dijanjikan mendapatkan pangkat lebih senior.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Muhammad Hafil
Militer Arab Saudi.
Foto: Reuters
Militer Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI — Wanita Saudi sekarang bisa masuk jajaran angkatan bersenjata Saudi. Kementerian Pertahanan Kerajaan mengumumkan kebijakan itu, Kamis (3/10).

Kebijakan itu adalah pertama kalinya bahwa perempuan Saudi akan dipertimbangkan untuk naik pangkat lebih senior di jajaran angkatan bersenjata negara itu.

Baca Juga

“Dengan undang-undang baru ini yang mendukung kemampuan dan hak-hak perempuan sebagai warga negara, secara alami, mereka akan memasuki bidang pekerjaan baru, ini merupakan cerminan dari kepercayaan nasional terhadap kesetaraan antara perempuan dan laki-laki,” kata anggota Dewan Syura Haya Al-Muni'i dilansir dari Arab News, Kamis (3/10).

Di bawah skema tersebut, wanita Saudi dapat bergabung sebagai kopral tombak, kopral, sersan, dan sersan staf di Angkatan Darat Kerajaan Saudi, Angkatan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Laut Saudi Arabia, Angkatan Pertahanan Arab Saudi, Angkatan Rudal Strategis Saudi Arabia, Angkatan Rudal Strategis Saudi Arabia, dan Layanan Medis Angkatan Bersenjata.

Inisiatif tersebut merupakan bagian dari Visi Kerajaan 2030 untuk memberdayakan perempuan Saudi dan memperluas perannya dalam masyarakat. Perempuan Saudi telah diberi kesempatan untuk naik pangkat di garis depan keamanan publik, termasuk Direktorat Jenderal Narkotika, Direktorat Jenderal Penjara, Bukti Pidana dan Bea Cukai. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement