Rabu 16 Oct 2019 08:46 WIB

Sejarah Hari Ini: Walt Disney Company Berdiri

Hingga kini Disney menjadi salah satu perusahaan hiburan terbesar di dunia.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ani Nursalikah
Walt Disney dan gambar Mickey Mouse
Walt Disney dan gambar Mickey Mouse

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Pada 16 Oktober 1923, dua saudara Walt Disney dan Roy Oliver Disney mendirikan Studio Kartun Disney Bersaudara di Hollywood, Kalifornia. Studio yang sekarang dikenal sebagai Walt Disney Company itu memiliki dampak besar pada industri hiburan di jagad hiburan. Hingga kini Disney menjadi salah satu perusahaan hiburan terbesar di dunia.

Dilansir History, seorang seniman berbakat dari usia muda, Walt Disney, menggambar kartun untuk berbagai publikasi. Ia menjatuhkan hatinya pada animasi saat bekerja untuk Perusahaan Iklan Film Kansas City. 

Baca Juga

Setelah Laugh-O-Gram Studio miliknya bangkrut pada 1923, Walt pindah ke Los Angeles, tempat Roy pulih dari penyakit TBC. Ketika di sana, ia akhirnya menjual film pendek yang diproduksi oleh Laugh-O-Gram, Alice's Wonderland. Dia kemudian menandatangani kontrak untuk membuat enam film lagi.

Untuk memproduksi seri ini, dua bersaudara itu mendirikan perusahaan mereka dan membujuk Virginia Davis, yang memerankan Alice dan kolaborator Ub Iwerks untuk bergabung dengan mereka di Hollywood. Setelah kesuksesan Alice Comedies dan seri karakter bernama Oswald the Lucky Rabbit, Disney mulai bekerja pada ciptaannya yang paling terkenal.

Disney merilis Steamboat Willie pada 1929 di dunia yang diperkenalkan sebagai Mickey Mouse. Karakter itu akan menjadi salah satu kartun yang paling dikenal dalam sejarah.

photo
Mickey Mouse dan Walt Disney.

Popularitas celana pendek Mickey Mouse meyakinkan Disney studionya dapat menghasilkan film yang mulai ia lakukan pada 1934. Proyek yang oleh beberapa orang dijuluki "Disney's Folly," berjalan 400 persen dari anggaran. Proyek tersebut juga membutuhkan lebih dari 300 animator, seniman, dan asisten. Meski Putri Salju dan Tujuh Kurcaci adalah hit besar dalam debut Disney tepat sebelum Natal 1937.

Sejak itu, Walt Disney Company telah memproduksi puluhan film inovatif dan terkenal. Perusahaan ini telah berkembang menjadi perusahaan induk untuk semua jenis media dan properti hiburan sehingga membuka taman hiburan di seluruh dunia mulai 1955. Wal Disney Company juga mengakuisisi puluhan perusahaan pada 1990-an dan 2000-an. Disney sekarang memiliki dan mengoperasikan ABC, ESPN, Pixar, Marvel Studios dan Lucas Film.

Apa yang dimulai dengan sejumlah animator yang memproduksi kartun anak-anak pendek menjadi salah satu perusahaan paling ikonik di dunia. Kartun asli Disney dan fitur film merupakan beberapa entri yang paling populer dan bertahan lama di Amerika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement