Selasa 12 Nov 2019 11:14 WIB

Kebakaran Hutan Kian Ganas, Australia dalam Keadaan Darurat

Terdapat delapan peringatan darurat kebakaran hutan di seluruh negara bagian.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Kebakaran hutan yang meluas di Taree, negara bagian New South Wales, Selasa (12/11).
Foto: Darren Pateman/AAP Images via AP
Kebakaran hutan yang meluas di Taree, negara bagian New South Wales, Selasa (12/11).

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Peringatan darurat atas kebakaran di Australia terus terjadi. Selama sekitar satu jam telah terjadi delapan peringatan darurat yang dikeluarkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales (NSW RFS), Senin (11/11) malam waktu setempat.

Kebakaran semak telah melahap bagian wilayah New South Wales (NSW). Laporan The Guardian menyatakan bahaya kebakaran yang signifikan di Queensland dan Australia Selatan.

Baca Juga

NSW RSF telah mengeluarkan delapan peringatan darurat untuk kebakaran hutan di seluruh negara bagian, termasuk kebakaran di Hillville Road (dekat Nabiac dan Failford), Llangothlin (dekat Armidale), Thunderbolts Way (utara Gloucester), Gulf Road (selatan-barat Tenterfield), dan Hillville Road (barat daya Taree). Sedangkan bahaya kebakaran masih dinilai sebagai bencana di Greater Sydney, Greater Hunter, dan wilayah Illawarra/Shoalhaven.

Ada lebih dari 50 kebakaran yang terjadi di NSW, sebagian besar tidak terkendali. Pihak berwenang di NSW memberikan peringatan tentang kondisi yang akan terus memburuk sepanjang hari dengan angin kencang dan suhu yang lebih tinggi.

Keadaan darurat kebakaran telah diumumkan di 42 wilayah pemerintah lokal di Queensland. Perhatian utama adalah di Queensland tenggara, dan kondisi diperkirakan memburuk hingga sore hari.

Berubahnya arah angin yang bergerak ke utara menuju pantai timur NSW pada malam hari diperkirakan dapat menciptakan bahaya yang signifikan. Hal ini sangat berpotensi mengubah arah api dan mengintensifkan angin.

Kebakaran hutan pun menyebabkan memburuknya kualitas udara yang signifikan. Kabut asap menutupi seluruh wilayah NSW dan Queensland tenggara.

Kondisi kebakaran hutan membuat sembilan sekolah di NSW barat laut dan Upper Hunter telah dievakuasi sebagai tindakan pencegahan. Jumlah itu menyusul ratusan sekolah dan sekolah lanjutan sudah ditutup oleh pemerintah negara bagian.

Menteri Pendidikan Sarah Mitchell mengatakan jumlah sekolah yang sekarang dievakuasi menjadi sembilan. Sekolah-sekolah itu dievakuasi sebagai tindakan pencegahan dan atas saran Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan.

"Keselamatan adalah yang utama, kita perlu mengambil tindakan pencegahan dan mengungsi untuk mengeluarkan anak-anak dari sana," kata Mitchell.

Sekolah-sekolah yang dievakuasi berada di sekitar Gloucester, Stratford dan Stroud, utara Newcastle, dan Moonbi dan Bendemeer, utara Tamworth. Delapan sekolah adalah sekolah dasar dan satu sekolah menengah.

"Ini sedang berlangsung saat kita berbicara sehingga kita hanya melakukan apa yang kita butuhkan untuk membawanya ke daerah yang aman," kata Mitchell. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement