Senin 28 Oct 2019 15:17 WIB

Militer Myanmar Klaim Bebaskan 14 Sandera di Rakhine

Kelompok bersenjata di Rakhine disebut menahan lebih dari 50 orang.

Red: Nur Aini
Kekerasan di Myanmar terkonsentrasi di daerah Rakhine
Foto: BBC
Kekerasan di Myanmar terkonsentrasi di daerah Rakhine

REPUBLIKA.CO.ID, RAKHINE -- Militer Myanmar mengatakan telah menyelamatkan 14 orang yang diculik oleh pemberontak di negara bagian Rakhine. Hal itu setelah militan Tentara Arakan melaporkan banyak yang tewas dalam serangan militer terhadap kapal yang membawa prajurit dan polisi yang ditawan.

Eskalasi pertumpahan darah tersebut menjadi salah satu yang terbesar di negara bagian barat sejak pertempuran sengit awal tahun ini antara militer dan gerilyawan yang menuntut otonomi lebih luas atas Rakhine.

Baca Juga

"Dari mereka yang diculik oleh Tentara Arakan, 14 di antaranya kini berhasil dibebaskan," kata militer dalam satu pernyataan, Ahad (28/10). "Militer masih melancarkan operasi gabungan darat dan udara untuk menyelamatkan sisa sandera lainnya sesegera mungkin."

Kelompok bersenjata etnik, Sabtu, menawan lebih dari 50 orang, sebagian besar dari pasukan keamanan. Pihaknya mengatakan pasukan tersebut pada Ahad menembaki tiga kapal, tempat kelompok itu ditahan di Kota Rathedaung, dan menengggelamkan dua kapal dan merusak satu kapal lainnya.

"Banyak orang yang tewas sebab tidak ada yang melindung mereka dari tembakan," kata kelompok itu dalam satu pernyataan.

Anggota parlemen setempat Khin Saw Wai mengatakan kepada Reuters bahwa pertempuran di Rathedaung terlalu sengit sehingga banyak orang menyelamatkan diri ke desa tetangga setelah jet tempur melintas di atas kepala meeka.

Puluhan ribu orang mengungsi dari negara bagian Rakhine sejak bentrokan meletus pada Desember. Sehingga menyebabkan kerusuhan baru di wilayah, tempat lebih dari 730.000 Muslim Rohingya melarikan dari dari penumpasan militer pada 2017.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement