Kamis 12 Dec 2019 10:45 WIB

Tujuh Warga Australia Tewas Akibat Letusan Gunung di White Island

Red:

Jumlah korban yang tewas dalam letusan gunung di White Island Selandia Baru meningkat menjadi delapan orang, tujuh di antaranya merupakan warga Australia.

Korban Letusan Gunung White Island

Belasan orang masih dirawat di beberapa rumah sakit di Selandia Baru, dan sembilan orang masih hilang, tujuh warga Australia dan dua warga Selandia Baru.

Departemen Pertahanan Australia mengukuhkan bahwa tiga warga Australia yang mengalami luka-luka sudah dievakuasi kembali ke Australia dan sekarang dirawat di rumah sakit.

Dua lainnya akan kembali ke Australia hari Kamis (12/12/2019), dengan tiga pesawat khusus Angkatan Udara Australia (RAAF) membawa para dokter terlibat dalam operasi evakuasi.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan 'evakuasi akan tergantung pada keputusan medis yang dilakukan para dokter mengenai kapan waktu yang aman untuk memindahkan pasien."

Hari Kamis sebuah sekolah swasta terkenal di Sydney Knox Grammar School mengeluarkan pernyataan bahwa dua siswa mereka - Matthew Hollander (Kelas 8) dan Berend Hollander (Kelas 10) — meninggal di rumah sakit akibat cedera yang dialami saat letusan.

Sekolah tersebut mengatakan orang tua kedua anak tersebut masih belum diketahui nasibnya.

Korban warga Australia lainnya yang sudah dikukuhkan adalah wanita asal Brisbane Julie Richards (47), putrinya Jessica Richards (20), seorang pria asal Adelaide Gavin Dallow dan Jason Griffiths dari Coffs Harbour (NSW).

Jason Griffiths, meninggal di rumah sakit dikelilingi sanak saudara.

Dia ikut tur bersama dengan delapan orang temannya, termasuk pasangan Karla Mathews dan Richard Elzer, yang sekarang masih hilang.

Enam teman Griffiths yang mengeluarkan pernyataan lewat Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) mengatakan mereka percaya kedua orang itu juga tewas dalam tragedi.

Sekarang sudah dikukuhkan bahwa 47 orang berada di atau dekat White Island ketika letusan terjadi.

Mereka terdiri dari 24 warga Australia, sembilan dari Amerika Serikat, lima warga Selandia Baru, empat dari Jerman, dua warga China, dua dari Inggris dan satu warga Malaysia.

Sementara itu polisi Selandia Baru telah menemukan dan mengukuhkan identitas Gavin Dallow dari Adelaide sebagai salah satu korban.

Menurut pihak keluarga, anak tiri Dallow, Zoe Hosking yang berusia 15 tahun diduga tewas, namun polisi mengatakan bahwa pengambilan jenazah Hosking mungkin baru bisa dilakukan beberapa hari mendatang.

Lisa Dallow, istri Gavin, masih berada di rumah sakit dengan luka bakar serius.

Pihak berwenang Selandia Baru mengatakan gunung itu masih mungkin meletus, dan menunda usaha untuk mengevakuasi delapan orang yang masih hilang di pulau tersebut.

Lihat berita selengkapnya dalam bahasa Inggris di sini

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement