Selasa 14 Jan 2020 17:26 WIB

Ratu Elizabeth Undang Kaisar Jepang ke Inggris

Kaisar Jepang dan Permaisuri akan berkunjung ke Inggris.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako
Foto: Fumine Tsutabayashi/Kyodo News via AP
Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako dijadwalkan melakukan kunjungan ke Inggris pada awal 2020. Mereka akan memenuhi undangan Ratu Elizabeth.

Kepala Juru Bicara Pemerintah Jepang Yoshihide Suga mengungkapkan hubungan antara keluarga kekaisaran Jepang dan kerajaan Inggris berperan penting dalam membina relasi bilateral yang kuat antara kedua negara. "Sejalan dengan semangat ini, kaisar dan permaisuri telah menerima undangan untuk berkunjung," ucapnya pada Selasa (14/1).

Baca Juga

Inggris pun telah mengonfirmasi rencana kunjungan Kaisar Naruhito.  "Yang Mulia Kaisar dan Ratu akan tinggal di Istana Windsor," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan. Menurut Istana Buckingham, kunjungan Kaisar Naruhito akan dilaksanakan pada musim semi 2020.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako diketahui menempuh pendidikan tinggi di Oxford University. Naruhito menggambarkan masa belajarnya di sana sebagai salah satu masa paling bahagia dalam hidupnya. Dia melakukan penelitian tentang sejarah transportasi sungai dan mempelajari hubungan internasional.

Sebelum Naruhito, Ratu Elizabeth pernah menerima kunjungan dua kaisar Jepang. Pada 1971 Kaisar Showa (Hirohito) melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris. Saat kunjungan tersebut, terdapat aksi protes dari mantan tahanan perang Inggris. Mereka menginginkan permintaan maaf penuh dan kompensasi dari Jepang untuk penderitaan dalam Perang Dunia II.

Pada 1998, Ratu Elizabeth menerima kunjungan Kaisar Akihito. Dia adalah ayah dari Kaisar Naruhito. Akihito menanggalkan gelar kekaisarannya pada Mei tahun lalu. Dia mernjadi kaisar pertama yang melakukan hal tersebut dalam dua abad terakhir.

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip juga pernah melakukan kunjungan ke Jepang pada 1975. Kala itu mereka menerima undangan Kaisar Showa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement