Sabtu 25 Jan 2020 06:30 WIB

Pejabat AS Konfirmasi Kasus Kedua Virus Corona

Virus corona sedang menyebar ke seluruh dunia.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil
Pejabat AS Konfirmasi Kasus Kedua Virus Corona. Foto: ilustrasi  waspada Virus Corona
Foto: Republika
Pejabat AS Konfirmasi Kasus Kedua Virus Corona. Foto: ilustrasi waspada Virus Corona

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pada hari Jumat mengkonfirmasi kasus kedua virus coronavirus baru dari China pada seorang wanita Chicago di AS. Selain itu, sebanyak 63 kasus potensial sedang diselidiki karena penyakit yang mematikan kadang berlanjut untuk menyebar ke seluruh dunia.

Dari 63 orang yang diselidiki dari 22 negara bagian, 11 sejauh ini dinyatakan negatif berita tentang wanita di Chicago yang terinfeksi virus yang berasal dari Wuhan, China, mengikuti pengumuman awal pekan ini tentang seorang pria dari negara bagian Washington yang didiagnosis dengan virus tersebut setelah kembali dari Wuhan.

Baca Juga

Virus yang baru ditemukan telah menewaskan 26 orang dan menginfeksi lebih dari 800 orang. Sebagian besar kasus dan semua kematian sejauh ini terjadi di China, di mana para pejabat memberlakukan pembatasan berat pada perjalanan dan pertemuan publik.

Virus ini telah membuat peringatan, tapi masih ada banyak yang tidak diketahui di sekitarnya, seperti seberapa berbahaya itu dan seberapa mudah itu menyebar di antara orang-orang. Ini dapat menyebabkan pneumonia, yang telah mematikan dalam beberapa kasus.

"CDC percaya risiko langsung kepada publik Amerika saat ini rendah, tetapi situasinya terus berkembang dengan cepat," jelas Dr Nancy Messonnier, Direktur Pusat Imunisasi dan Penyakit Pernafasan CDC, seperti dilansir dari laman Reuters, Sabtu (25/1).

Julie Gerberding, seorang eksekutif Merck & Co yang merupakan direktur CDC selama wabah SARS 2003, mengatakan masih terlalu dini untuk memprediksi perjalanan penyakit tersebut.

"Saya akan memperingatkan agar tidak sampai pada kesimpulan prematur tentang tingkat keparahan ini karena epidemi masih berlangsung," katanya.

"Seperti yang kita pelajari dari setiap wabah baru, kita tidak tahu di mana itu akan berakhir sampai tiba di sana." Wanita berusia 60 tahun dari Chicago itu melakukan perjalanan ke Wuhan pada bulan Desember dan kembali pada 13 Januari.

Sementara, Dr Allison Arwady, komisaris Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago, mengatakan wanita itu dalam kondisi stabil dan tetap berada di rumah sakit Chicago yang tidak disebutkan namanya terutama untuk tujuan pengendalian infeksi. Dia belum menggunakan transportasi umum dan tidak sakit ketika bepergian.

Beberapa hari setelah tiba di rumah, pasien mulai merasa tidak sehat dan dimjnta untuk memberi tahu dokter tentang penyakitnya. Dokter bertanya tentang riwayat perjalanannya, dengan cepat mengenakan masker pada pasien, dan membawanya ke rumah sakit dengan kemampuan pengendalian infeksi. Staf rumah sakit melakukan pemeriksaan klinis lengkap dan bekerja dengan pejabat kesehatan masyarakat untuk mengatur pengujian untuk coronavirus baru di CDC. 

Michael Ison, seorang ahli penyakit menular di Northwestern Medicine di Chicago, yang tidak merawat pasien, mengatakan pengumuman kasus AS kedua menunjukkan sistem bekerja. "Saya tidak berpikir beratnya ancaman telah berubah," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement