Kamis 30 Jan 2020 10:26 WIB

Palestina Serukan Mobilisasi Massa Tolak Rencana Damai Trump

Faksi-faksi di Palestina menyerukan aksi protes besar atas rencana damai Trump.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Seorang perempuan memegang bendera Palestina saat aksi protes, ilustasi
Seorang perempuan memegang bendera Palestina saat aksi protes, ilustasi

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH -- Sehari setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan rencana perdamaian Timur Tengah untuk menyelesaikan konflik Israel-Palesina, berbagai faksi Palestina menyerukan mobilisasi massa. Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan, mobilisasi massa tersebut untuk menentang rencana perdamaian tersebut.

Kelompok Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Hamas menyerukan aksi protes besar-besaran. Pengumuman rencana perdamaian itu telah membuat warga Palestina marah dan kecewa.

Baca Juga

"Pengumuman itu membuat kami sangat marah dan kecewa," ujar seorang sopir taksi, Maan Mustafa, di Tepi Barat.

Mustafa mengatakan, rencana perdamaian yang diumumkan oleh Trump tidak memberikan perubahan yang lebih baik bagi Palestina. Mereka tetap berada di bawah pendudukan Israel.

"Kenyataannya adalah secara de facto kami telah hidup di bawah pendudukan Israel selama beberapa dekade. Jadi, pengumuman itu bukan menjadi hal baru, tidak ada yang berubah," ujar Mustafa kepada Aljazirah.

Hal serupa juga disampaikan oleh seorang mahasiswa dari Yerusalem Timur, Seif Abdo. Menurut dia, rencana perdamaian yang diumumkan Trump tidak akan mengubah kehidupan warga Palestina.

"Tidak ada yang berubah, ini sudah menjadi realitas sehari-hari. Trump telah mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, memindahkan kedutaan AS di sana, dan menerapkan hukum Israel di Lembah Yordan dan Dataran Tinggi Golan," ujar Abdo.

Dalam rencana perdamaian itu, Trump menyatakan Yerusalem tetap menjadi ibu kota Israel yang tak terbagi. Trump juga mengakui pendudukan Israel atas sebagian wilayah Tepi Barat dan Lembah Yordan.

Sementara untuk Palestina, Trump mengusulkan Abu Dis sebagai ibu kota negara. Abu Dis adalah sebuah kota yang berada di Yerusalem Timur. Terkait hal itu, Trump menetapkan lini waktu selama empat tahun bagi Israel dan Palestina untuk menyetujui pengaturan keamanan.

Sebagian besar warga Palestina menilai lini waktu yang diberikan oleh Trump selama empat tahun tidak akan memiliki efek langsung. Seorang pebisnis di Ramallah, Sami Fawzi, meniliai rencana perdamaian itu tidak serius karena baru diberlakukan setelah empat tahun.

"Kami tidak menganggap serius kesepakatan ini karena tidak segera diberlakukan. Kami masih punya empat tahun. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi," ujar Fawzi.

Aksi protes menentang rencana perdamaian Timur Tengah secara sporadis meletus di wilayah Tepi Barat yang diduduki. Puluhan orang berkumpul di Kota Tubas, di Lembah Yordan, Tepi Barat sambil mengibarkan bendera Palestina. Pasukan Israel dikerahkan ke wilayah itu sejak Selasa. Mereka menembakkan gas air mata untuk membubarkan para demonstran.

Pasukan Israel juga menutup jalan menuju Lembah Yordan dan menghentikan bus yang membawa demonstran dari seberang Tepi Barat. Sementara, di Bayt Lahm, sekelompok kecil orang Palestina berkumpul di jalan-jalan pada sore hari untuk mengecam rencana itu. Beberapa dari mereka membakar bendera AS dan foto-foto Trump.

Protes kecil lainnya diadakan oleh siswa sekolah di Kota Tulkarm, Palestina. Setidaknya 41 orang terluka dalam bentrokan berskala kecil, setelah pasukan Israel menembakkan peluru karet dan gas air mata di Lembah Yordania, kamp pengungsi Al-Orub dan Tulkarm. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement