Kamis 30 Jan 2020 22:10 WIB

Corona Buat Kejuaraan Atletik Indoor Dunia Ditunda

Kejuaraan atletik indoor dunia 2020 di Nanjing 400 kilometer dari Wuhan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Gita Amanda
Virus Corona membuat kejuaraan atletik di Nanjing China ditunda.
Foto: EPA-EFE/CDC
Virus Corona membuat kejuaraan atletik di Nanjing China ditunda.

REPUBLIKA.CO.ID, NANJING -- Kejuaraan atletik indoor dunia 2020 di Nanjing telah ditunda karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona di China. Rencananya, kejuaraan itu sebenarnya diadakan pada 13-15 Maret.

Baca Juga

Badan atletik dunia memprediksi penundaan kejuaraan bisa sampai 12 bulan. Semuanya tergantung perkembangan virus corona. Nanjing sendiri berjarak sekitar 400 km dari Wuhan, lokasi penyebaran awal virus corona.

"Saran dari tim medis kami yang berkomunikasi dengan WHO menyatakan penyebaran virus corona di China masih dalam tahap mengkhawatirkan," tulis keterangan resmi Badan atletik dunia dilansir dari BBC pada Kamis, (30/1).

Badan atletik dunia mengambil keputusan tersebut berdasarkan saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Keputusan ini sekaligus menolak pemerintah China dan negara lain yang menawarkan pemindahan lokasi.

"Kami sudah mempertimbangkan pemindahan lokasi ke negara lain. Tapi kami sadar penyebaran virus ini juga terjadi di luar China. Kami putuskan tidak melanjutkan kompetisi dengan penundaan hingga pemberitahuan lebih lanjut," lanjut keterangan resmi itu.

Badan atletik dunia menegaskan tetap melangsungkan kejuaraan tersebut setelah penundaan dicabut. Sebab Badan atletik dunia ingin mengapresiasi atlet yang telah berlatih keras.

"Kami tahu atlet ingin kejuaraan ini tetap berjalan. Kami terus bekerjasama dengan semua pihak untuk mengadakannya kemungkinan di 2021," ujarnya.

Diketahui, virus corona sudah membunuh lebih dari 130 orang di China. Lalu enam ribu orang lainnya sudah dinyatakan terinfeksi virus yang belum ada obatnya. Penyebaran virus itu sudah mencapai 16 negara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement