Senin 27 Jan 2020 12:26 WIB

Roket Katyusha Hantam Kedubes AS di Irak

Kedubes AS di Baghdad, Irak diserang roket katyusha

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Kedutaan Besar AS di Baghdad, Irak. Kedubes AS di Baghdad, Irak diserang roket katyusha. Ilustrasi.
Foto: Ahmed Jalil/EPA
Kedutaan Besar AS di Baghdad, Irak. Kedubes AS di Baghdad, Irak diserang roket katyusha. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Irak diserang roket katyusha. Belum dilaporkan adanya korban jiwa atau luka akibat serangan tersebut.

"Serangan bermusuhan terhadap misi asing ini diulangi dengan misil-misil yang jatuh di dalam kompleks Kedutaan AS. Selagi mengutuk tindakan ilegal ini, kami menginstruksikan pasukan keamanan kami untuk menangkap para penyerang dan membawa mereka ke pengadilan," kata Perdana Menteri Adel Abdul-Mahdi pada Senin (27/1) waktu setempat dikutip laman Anadolu Agency.

Baca Juga

Abdul-Mahdi memang tak dapat menoleransi serangan tersebut. Menurutnya, aksi-aksi demikian dapat mengubah Irak menjadi zona konflik.

Pada 2 Januari lalu, dua roket katyusha menghantam Zona Hijau di Baghdad. Roket tersebut mendarat tak jauh dari gedung Kedubes AS. Sebanyak enam orang terluka akibat peristiwa tersebut.

Serangan roket katyusha itu dilancarkan tepat dua hari setelah AS membunuh Komandan Pasukan Quds Mayor Jenderal Qasem Soleimani di Bandara Internasional Baghdad. Irak mengecam aksi pembunuhan tersebut. Ia khawatir negaranya akan menjadi medan pertempuran AS dengan Iran.

Beberapa hari setelah pembunuhan Soleimani, Iran memang melancarkan puluhan misil ke pangkalan militer Ain al-Asad di Irak. Pangkalan tersebut diketahui turut dihuni pasukan AS. Kendati demikian, tak ada korban jiwa dalam serangan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement