Kamis 13 Feb 2020 16:48 WIB

Vietnam Isolasi 10 Ribu Orang, Cegah Virus Corona Menyebar

Vietnam mengisolasi beberapa desa kecil menyusul adanya kasus virus corona.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Virus corona memiliki ratusan jenis yang terdapat pada berbagai macam hewan di antaranya kelelawar.
Foto: EPA
Virus corona memiliki ratusan jenis yang terdapat pada berbagai macam hewan di antaranya kelelawar.

REPUBLIKA.CO.ID, VINH PHUC -- Beberapa desa kecil di Vietnam berpenduduk sekitar 10 ribu orang diisolasi, Kamis (13/2). Hal itu menyusul enam kasus virus corona baru yang terdeteksi di ibu kota negara tersebut.

Isolasi dilakukan di sebuah komunitas bernama Son Loi, sekitar 40 kilometer dari Hanoi. Itu merupakan karantina massal pertama di luar China sejak virus itu muncul dari Wuhan, China tahun lalu. 

Baca Juga

"Pada 13 Februari 2020, kami akan segera melaksanakan tugas isolasi dan karantina daerah epidemi di komune Son Loi," ujar pernyataan kementerian kesehatan Vietnam dalam keterangan resminya dilansir Channel News Asia, Kamis.

Kementerian mengatakan, waktu karantina selama 20 hari. Son Loi adalah daerah pertanian yang terdiri atas beberapa desa. Kementerian kesehatan sebelumnya mengatakan, lima orang di Son Loi telah terinfeksi virus itu, dan pada hari ini pihaknya melaporkan kasus keenam.

Pos pemeriksaan telah didirikan di sekitar komune, di Binh Xuyen, sebuah distrik di pinggiran Son Loi. Pejabat kesehatan yang mengenakan pakaian pelindung menyemprotkan desinfektan pada kendaraan di pos pemeriksaan.

Salah satu penduduk di desa Tran Van Minh mengatakan, pihak berwenang telah menyarankan warga untuk menghindari pertemuan besar di luar rumah mereka. "Kehidupan sangat terpengaruh," kata warga itu.

Menurutnya, sebagian besar tenaga kerja bergantung pada pekerjaan di bidang konstruksi dan pengecatan rumah. "Kini kita tidak bisa keluar dan bahkan jika kita melakukannya, klien tidak menyambut kita sebanyak sebelumnya," katanya.

Hingga Kamis (13/2) tercatat 1.359 jiwa meninggal dunia karena cirus korona baru ini. Meski sebagian besar korban berada di China, negara lain terpukul dengan banyaknya orang yang positif terinfeksi.

Pemerintah China sendiri telah memberlakukan karantina yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh Provinsi Hubei. China mengurung sekitar 56 juta orang dalam upaya untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Vietnam, yang berbatasan dengan China memiliki 16 kasus virus corona baru termasuk yang ada di Son Loi. Vietnam telah melarang semua penerbangan ke dan dari China daratan dalam upaya untuk menghentikan penyebaran virus. Negara itu juga menangguhkan visa turis baru untuk warga negara China atau orang asing yang pulang dari China dalam dua minggu terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement