Rabu 22 Apr 2020 11:47 WIB

Jokowi Beri 3 Arahan Mitigasi Dampak Corona ke Sektor Riil

Sektor riil menyerap banyak tenaga kerja.

Presiden Joko Widodo.
Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tiga arahan terkait upaya mitigasi dampak Covid-19 terhadap sektor riil. Tiga arahan tersebut ia sampaikan melalui Rapat Terbatas "Lanjutan Program Mitigasi Terhadap Sektor Riil" yang diselenggarakan melalui video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/4).

"Sektor riil menyerap banyak tenaga kerja dan kita harap mereka mampu bertahan dan tidak melakukan PHK. Saya ingin menekankan beberapa hal," ujar Presiden.

Baca Juga

Presiden mengatakan, pertama, perlu dilakukan penilaian yang cepat terhadap sektor riil yang terdampak dengan cara memilahnya secara detail terkait sektor apa yang terdampak paling parah, sedang dan mana sektor yang mampu bertahan dan justru bisa mengambil peluang.

Kedua, Presiden mengingatkan yang harus dibantu bukan hanya sektor kecil dan menengah melainkan juga sektor usaha mikro. "Usaha mikro, usaha kecil plus usaha menengah penting, sehingga stimulus ekonomi harus menjangkau sektor-sektor ini. Jangan dilupakan yang berkaitan dengan sektor-sektor informal, karena ini juga banyak menampung tenaga kerja," jelas Presiden.

Ketiga, Kepala Negara meminta skema stimulus ekonomi bagi sektor riil ini betul-betul terbuka, transparan dan terukur. "Sektor apa mendapat stimulus apa dan bisa selamatkan tenaga kerja berapa, semuanya dihitung dan saya minta diverifikasi detail, dievaluasi berkala sehingga efektivitas stimulus ekonomi betul-betul bisa dirasakan sektor riil," ujarnya.

Presiden menyampaikan program mitigasi dampak Covid-19 pada sektor riil penting sekali karena sektor ini sangat terpukul oleh pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, Presiden menekankan diperlukan penyelamatan dan stimulus ekonomi yang menyentuh sektor yang paling terdampak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement