Kamis 23 Apr 2020 13:51 WIB

Sejak Krisis Covid-19, Masjid Istanbul Jadi Bank Makanan

Bank makanan menghidupkan kembali masjid di Istanbul.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Sejak Krisis Covid-19, Masjid Istanbul Jadi Bank Makanan
Foto: AP Photo/Emrah Gurel
Sejak Krisis Covid-19, Masjid Istanbul Jadi Bank Makanan

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Sebuah masjid di Istanbul, Turki kini menjadi bank makanan untuk membantu orang miskin selama pandemi Covid-19. Masjid Dedeman yang terletak di distrik Sarıyer di Istanbul telah ditutup untuk ibadah.

Namun, imam muda Abdulsamet Cakır mengubah fungsi masjid tersebut. "Setelah sholat berjamaah dilarang sementara, saya memiliki ide untuk menghidupkan kembali masjid dengan mengizinkan orang kaya membantu orang-orang yang membutuhkan," ujar Cakır (33 tahun) dilansir di Turkish Minute, Kamis (23/4).

Baca Juga

Rak-rak yang biasanya digunakan untuk tempat sepatu jamaah yang datang kini penuh dengan paket pasta dan biskuit serta botol minyak zaitun. Poster-poster dipasang di jendela masjid yang menyerukan kepada orang-orang untuk mengantarkan barang makanan yang tidak mudah busuk. Ada juga ajakan bagi mereka yang membutuhkan untuk datang dan membantu diri mereka sendiri.

Cakır mengatakan inisiatif itu diilhami oleh tradisi sadaka tasi, sebuah batu berlubang di dalamnya yang berisi barang-barang amal untuk orang miskin. Lebih dari 2.200 orang telah meninggal karena Covid-19 di Turki. Kini hampir 100 ribu orang terpapar virus corona dan setengah terdapat di Istanbul.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement