Jumat 22 May 2020 13:53 WIB

Enam Pedagang di Pasar Besar Positif Corona

Sebanyak 14 pedagang lainnya dinyatakan terindikasi terpapar virus Corona.

Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Enam pedagang di Pasar Besar, Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, dinyatakan positif terserang Covid-19. Kemudian 14 lainnya dinyatakan terindikasi terinfeksi virus Corona.

"Saat ini di Pasar Besar ada enam pedagang yang positif. Itu didasarkan hasil (pemeriksaan)swab. Sementara dari hasil rapid(test) yang dilakukan terhadap 68 orang, 14 di antaranya diketahui reaktif," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya Emi Abriyani pada Jumat.

Baca Juga

Ia mengatakan, enam pedagang pasar yang dikonfirmasi terserang Covid-19 saat ini menjalani perawatan. Adapun 14 orang yang terindikasi terserang Corona menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Guna mencegah penularan, ia melanjutkan, pendataan dan pemeriksaan dilakukan padaorang-orang yang pernah melakukan kontak dekat dengan enam pedagang yang positif Covid-19.

Emimengkhawatirkan kemungkinan terjadi peningkatan kasus Covid-19 karena para pedagang dan warga masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan saat berada di luar rumah. "Apalagi, mendekati akhir Ramadhan dan mendekati Idul Fitri ini banyak masyarakat berbondong-bondong berbelanja namun mengabaikan protokol kesehatan. Padahal petugas tim gugus terus melakukan sosialisasi," katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, Gugus Tugas menyusun strategi untukmeminimalkan risiko transmisi Covid-19 di pasar dan pusat belanja. Pertama akan dibuat rekayasa arus lalu lintas sehingga ada jalur masuk dan jalur keluar keluar dijaga oleh Tim Gugus Covid-19. Parkir dibuat di luar jalur masuk pasar dan pembeli diatur untuk masuk pasar sesuai dengan protokol kesehatan.

Ia menambahkan,pedagang yang berjualan di Jalan Jawa dan Jalan Lombok kompleks Pasar Besar akan dipindahkan ke Jalan A. Yani depan Kodim 1016 Palangka Raya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement